Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Banten menyebutkan beberapa proyek pembangunan dan perbaikan jalan kabupaten ditargetkan akan rampung pada tahun 2023.

"Untuk tahun ini dalam hal mengatasi kemacetan jalan dan kerusakan dengan kebijakan Bupati Tangerang adalah di wilayah Utara dan Selatan. Dan saat ini masih berlanjut adalah pembangunan jalan Jatimulya - Dadap, masih on progres dengan target selesai bulan September ini," kata Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah Effendi di Tangerang, Senin.

Menurut dia, di tahun 2023 sampai 2024 nanti Pemkab Tangerang tengah memfokuskan merancang target penyelesaian pembangunan jalan yang ada di wilayahnya tersebut, salah satunya yaitu penyelesaian perbaikan jalan di daerah Utara dan Selatan Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Pemkab Tangerang gencarkan perolehan pajak sektor hotel dan restoran

Ia mencontohkan, seperti pembangunan wilayah selatan adalah pembangunan jalan Karawaci - Legok, Kelapa Dua. Dimana, untuk saat ini perbaikan infrastruktur sepanjang empat kilometer di lokasi tersebut telah dilakukan proses lelang.

"Dan untuk tahun ini akan dilakukan pembangunan dua sekmen. Kita sekarang sedang proses lelang sehingga 6 sampai 7 bulan ke depan ini bisa selesai dengan total anggaran Rp40 miliar," katanya.

Selanjutnya, kata Iwan, untuk pembangunan yang ditargetkan tahun ini adalah perbaikan jalan Balaraja - Ceplak, Ceplak - Kronjo, Ceplak - Pajamuran, dan Ceplak - Kresek dengan total panjang kurang lebih tiga sampai empat kilometer.

"Nanti perbaikan ini dilakukan betonisasi, dan dengan anggaran tiap jalannya berbeda. Ada yang nilainya Rp4,5 miliar, ada Rp3,5 miliar dan lain sebagainya, tapi yang tepat itu ada di LPSE. Dan pembangunan ini juga masih lelang," ujarnya.

Adapun untuk proses pembangunan lainnya seperti Plyover Cisauk saat ini masih terus berjalan, dan diharapkan pada bulan Oktober 2023 bisa selesai.

"Progresnya sekitar 40 persenan, mudah-mudahan di Oktober - September 2023 bisa open trapic. Namun, nanti memang ada alih fungsi dulu," tuturnya.

Sementara itu, untuk pembangunan Underpas Bitung sejauh ini masih dilakukan proses pembebasan lahan yang dilakukan pihaknya. Sehingga jika tahapan itu sudah selesai, maka pembangunan tersebut bisa dilaksanakan.

"Jadi insya Allah bisa dilakukan pembangunan freon tes jalan pada bulan April atau Mei 2023," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023