Unit Pelaksana Teknik (UPT ) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bayur Kota Tangerang, Banten, menyediakan fasilitas utama berupa kandang istirahat selama 1 - 3 hari dan tempat pemotongan.

"Untuk biayanya Rp7.500 untuk kandang istirahat dan Rp32.500 untuk rumah pemotongan. Jadi total biaya retribusinya adalah Rp40 ribu dengan catatan tanpa tenaga kerja pemotong," kata Kepala UPT RPH Bayur, Sugeng Priyono, dalam keterangannya, di Tangerang Kamis.

(UPT )Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bayur dikelola secara langsung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan telah beroperasi sejak tahun 1995.

Sugeng menambahkan RPH Bayur memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki rumah pemotongan hewan lainnya yakni berupa fasilitas dan biaya retribusi terkait pelayanan yang disediakan.

Ia melanjutkan RPH Bayur kini telah melayani banyak langganan dari kalangan pengusaha, bahkan beberapa perusahaan memanfaatkan fasilitas yang ada sebagai pilihan dalam melakukan proses pemotongan hewan.

RPH Bayur memiliki kapasitas kandang untuk 300 hewan dan rumah pemotongan untuk 80 hewan per hari.

"Jadi untuk proses operasional yang ada di RPH Bayur ini dimulai dari kedatangan sapi disertai beberapa dokumen penting, pemeriksaan kesehatan hewan, pengistirahatan hewan 8-12 jam, stunning atau dipingsankan, dipotong, dikuliti, kemudian pemotongan daging. Semua proses dilakukan dengan standar dan fasilitas yang layak," tambahnya.

Sampai saat ini, kata dia, RPH Bayur tetap membuka kesempatan bagi pihak-pihak yang ingin mengakses fasilitas yang disediakan.

"Tinggal menghubungi UPT RPH Bayur atau datang secara langsung ke lokasi yakni di Jalan Sengego Raya, Bayur, Kota Tangerang," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023