Bertempat di aula gedung pertemuan Hotel Yasmin, Karawaci, Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Koordinasi penyusunan rencana aksi keselamatan lalu lintas jalan, Senin (20/3/2023). 

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh pilar Program Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai dengan PERPRES No.1 tahun 2022 Tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yaitu Surachman selaku Kabid Perencanaan Sarana dan Prasarana Dishub Kab. Tangerang, 
Heri P selaku Kasubdit Manajemen Keselamatan Transportasi Kementerian Perhubungan selaku narasumber, Fikri Ardiansyah selaku Kasat Lantas Polresta Tangerang, Fuad Hardani selaku Penanggungjawab KPJR Tigaraksa dan seluruh stakeholder terkait di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Gelar Media Gathering, Jasa Raharja sampaikan sejumlah fokus utama di Tahun 2023

Dalam sambutannya, selaku inisiator kegiatan Surachman selaku Kabid Perencanaan Sarana dan Prasarana mengucapkan terima kasih atas kedatangan seluruh stakeholder Forum Komunikasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten dan Kota Tangerang. 

Surachman menyampaikan harapan yang besar agar rapat ini dapat menghasilkan komitmen bersama dalam memberikan pemahaman terkait peningkatan kualitas keselamatan, pencegahan kecelakaan lalu lintas, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan menumbuhkan budaya tertib lalu lintas di Kota dan Kabupaten Tangerang. 

Dalam kesempatan ini juga Surachman menyampaikan bahwa Dishub Kab. Tangerang sedang mengembangkan sistem informasi berbasis aplikasi yang nantinya dapat berfungsi sebagai alat atau media yang akan memberikan informasi real time terkait dengan adanya kecelakaan lalu lintas, sehingga dapat dilakukan tindak lanjut secara cepat dan tepat bagi pilar kelima sebagai yang bertugas dalam penanganan paska terjadinya kejadian, dimana dalam hal ini Jasa Raharja termasuk yang bertanggungjawab di dalamnya dalam hal penjaminan korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Dalam kesempatan berikutnya Fikri Ardiansyah selaku Kasat Lantas Polresta Tangerang menyampaikan "Kami akan selalu berkoordinasi dalam menindaklanjuti tingkat kecelakaan khususnya di Kota dan Kab. Tangerang dengan fokus hasil evaluasi antar lintas sektoral dan kami juga akan menginventarisir titik titik rawan laka korban kecelakaan meninggal dunia untuk menjadikan prioritas pemasangan rambu peringatan dan fasilitas pencegahan kecelakaan lainnya.

Semoga seluruh mitra kerja yang turut hadir dalam rapat koordinasi forum komunikasi kecelakaan lalu lintas siap bersinergi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat serta kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan dan juga jumlah korban laka yang mengalami musibah di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023