Sejalan dengan komitmen perusahaan sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berusaha untuk mencetak generasi muda yang unggul dan maju melalui program Jasa Raharja Mengajar, Ahmad Arif Budiman Penanggung Jawab Samsat Cikokol sampaikan materi service excellent kepada puluhan Mahasiswa/i dari berbagai Fakultas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (18/02/2023).        

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang asuransi sosial, PT Jasa Raharja  berupaya untuk memberikan layanan dan produk terbaik kepada seluruh masyarakat. Arif menuturkan bahwa pentingnya memberikan layanan prima bagi orang yang bekerja di bidang jasa. "Membangun rasa kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan akan membuat mereka menjadi setia dan akan menggunakan kembali jasa kita, ketika mereka kembali membutuhkan," ucap Arif.

Arif juga menjelaskan bahwa pelayanan prima dalam SPO (Standar Prosedur Operasional) harus menjadi kultur di kantor bukan hanya sebatas aturan. Materi yang disampaikan berlangsung khidmat dan lancar banyak dari mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada Arif, salah satunya Muhammad Najib dari jurusan Administrasi Publik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang juga mengajukan pertanyaan.

"Apa hal-hal yang menjadi sebab pelayanan publik jauh dari harapan dan bagaimana solusinya?" Tanya Najib.

Menurut Arif kebanyakan perusahaan dengan pelayanan publik yang buruk atau jauh dari harapan disebabkan karena mereka tidak punya kompetitor. Arif menjelaskan bahwa beberapa dari perusahaan yang tidak punya kompetitor akan memberikan pelayanan seadanya dan jarang menggunakan SPO karena mau tidak mau si pelanggan akan tetap menggunakan jasanya karena butuh dan solusinya adalah sampaikan dan berikan komplain kepada instansi atau perusahaan tersebut apabila kita tidak mendapatkan pelayanan yang baik. 

Arif berharap dengan diberikannya materi mengenai service excellent ini, teman-teman Mahasiswa/i memahami konsep dasar dari pelayanan dan membangun kepercayaan publik dari suatu perusahaan sehingga  dapat  memotivasi diri serta menjadi bekal meraka ketika memasuki dunia kerja nantinya.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023