Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) berupaya memfokuskan pada penyelesaian administrasi kependudukan (Adminduk) menjelang Pemilu 2024

"Tahun 2023 ini persoalan Adminduk harus bisa kita selesaikan sesuai dengan target, mengingat pada tahun 2024 nanti kita akan dihadapi pada perhelatan Pemilu serentak yang tentunya membutuhkan data yang benar-benar akurat," kata Kepala DP3AKKB Provinsi Banten Siti Ma'ani Nina di Serang, Rabu.

Baca juga: Pemprov Banten dorong pembinaan UMKM guna pertumbuhan ekonomi

Ia mengatakan, pendataan penting dilakukan tidak hanya terhadap warga yang sudah masuk pada kategori pemilih, namun juga pendataan kematian, status perpindahan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, Nina mendorong agar Kabupaten dan Kota di Banten untuk menggencarkan program Adminduk ini dengan upaya layanan yang mendekati kepada masyarakat.

Di era digital ini, lanjutnya, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas Adminduk yang berbasis digital yang terkoneksi di masing-masing gawai.

" Digital ID merupakan transformasi dari KTP-el sebelumnya ," kata Nina.

Selain itu, ada juga target tematik yang harus dicapai dengan sebuah gerakan birokrasi berdampak dan birokrasi berkinerja, antara lain Gerakan dalam menangani persoalan stunting, gizi buruk, inflasi, dan juga kemiskinan ekstrim.

Pj Sekda Provinsi Banten M Tranggono menambahkan, peran DP3AKKB sangat penting dalam rangka mewujudkan Generasi Emas 2045. Maka dari itu, semua program yang direncanakan harus terstruktur dan sejalan dari bawah sampai tingkat atas.

"Kita juga patut bersyukur angka stunting kita sudah menurun dan mendapat apresiasi dari Pusat. Namun kita tidak boleh jumawa terhadap capaian itu, karena masih banyak target yang harus kita capai ke depan," katanya.

Tranggono juga mengingatkan pentingnya persiapan kaitannya dengan pendataan menjelang tahun politik 2024. Hal ini perlu dipersiapkan secara serius agar semuanya berjalan dengan baik.

"Dari sisi penganggaran kita sudah siapkan melalui Perda Dana Cadangan Daerah. Namun dari sisi administrasi-nya juga harus kita siapkan melalui Adminduk," kata Tranggono

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023