Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Drajat Prawiranegara Kabupaten Serang menyediakan layanan kateterisasi jantung atau Cath Lab untuk penanganan pasien penyakit jantung dengan menggunakan fasilitas BPJS.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr.Drajat Prawiranegara Kabupaten Serang dr. H Efrizal di Serang Banten, Rabu menjelaskan pelayanan Catheterization Laboratory (Cath Lab) di RSUD dr. Drajat Prawiranegara atau RSDP sudah bekerjasama dengan BPJS untuk pembiayaan kepada pasien tersebut.

"Masyarakat atau pasien jantung yang berobat ke kita (RSDP) sudah bisa menggunakan BPJS," katanya.

Dengan adanya pelayanan tersebut, menurutnya, pasien penyakit itu tidak harus pergi ke luar kota untuk melakukan pemerikasaan atau pengobatan. Sehingga bisa meringankan beban ekonomi masyarakat daerahnya.

Dr. Efrizal juga menjelaskan Cath Lab  merupakan pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah.

Setelah itu, untuk selanjutnya dilakukan intervensi non bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.

Ia mengatakan RSDP memberikan pelayanan Cath lab setiap hari pada jam kerja dengan tenaga medis atau dokter yang ahli pada bidangnya. Hal tersebut, kata Efrizal, guna melayani pasien secara maksimal agar bisa memberikan kepuasan kepada masyarakat. 

"Ada 4 dokter ahli jantung,  2 diantaranya sudah memiliki sertifikasi sehingga siap melayani pasien dengan keluhan gejala penyempitan diarea jantung atau pasang ring," katanya.
 

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023