Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten selaku penyelenggara pemilu, mengajak semua elemen masyarakat untuk mengawal proses Pemilu 2024 agar bisa berjalan dengan baik.

"Kita terus mengajak masyarakat pemilih maupun peserta pemilu dan pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama mengawal proses pesta demokrasi atau pemilu ini," kata Ketua KPU Banten Wahyul Furqon saat memberikan sambutan sebelum nonton bareng Peluncuran Kirab Pemilu 2024 di Aula KPU Banten, Kota  Serang, Selasa.

Baca juga: KPU Tangerang lakukan verifikasi faktual dukungan calon anggota DPD RI

Ia mengatakan, sebagai penyelenggara, pihaknya siap melaksanakan Pemilu  2024 dengan baik. Hal itu, menurut dia, merupakan upaya komitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integritas bangsa.

"Pada 2019 kita sudah melaksanakan pemilu dengan baik. Oleh karena itu, pemilu sekarang harus lebih baik lagi dari kemarin. Maka, mari bersama-sama sukseskan Pemilu 2024 di Provinsi Banten," tegasnya.

Selain itu, kata dia, masih ada kesempatan satu tahun menuju hari pelaksanaan pencoblosan pemilu yang nanti akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Adapun progres yang sedang dilakukan KPU diantaranya terkait verifikasi faktual keanggotaan dan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan Banten.

Kemudian, pencocokan dan penelitian atau coklit yang dilakukan oleh petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) terkait dengan data pemilih untuk Pemilu 2024 yang dilaksanakan 12 Febuari hingga 14 Maret 2023.

Dalam hal tersebut, menurut dia, menunjukkan bahwa KPU RI sampai KPU kabupaten/kota  siap untuk melaksanakan atau menyelenggarakan Pemilu Tahun 2024.

"Tadi juga kita sudah membacakan deklarasi bahwa Pemilu 2024 harus berjalan dengan baik, berintegrasi, jujur, adil, dan menghasilkan proses pemilu yang baik," kata Wahyul.

Selain itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Jakarta, membacakan deklarasi yang diikuti oleh beberapa partai politik peserta pemilu dan pemangku kepentingan terkait yang hadir di Kantor KPU RI serta jajaran KPU se-Indonesia secara virtual.
 
"Mari, bersama-sama membacakan deklarasi komitmen bersama sebagai penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan pemangku kepentingan pemilu dalam rangka mewujudkan pemilu yang damai, demokratis, dan berintegritas," kata Hasyim.
 
Deklarasi tersebut terdiri atas beberapa poin, yakni penyelenggara, peserta, dan seluruh pemangku kepentingan pemilu menyatakan berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa. Kedua, penyelenggara, peserta, dan seluruh pemangku kepentingan pemilu berkomitmen melaksanakan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
 
Ketiga, mereka pun berkomitmen melaksanakan Pemilu 2024 yang berintegritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil. Keempat, mewujudkan Pemilu 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023