Jaringan pelayanan kesehatan hewan Puskeswan Pembantu Cibaliung sudah beroperasi sejak September 2022. Berbagai upaya pelayanan kesehatan hewan seperti pemeriksaan dan pengobatan ternak dan hewan peliharaan, vaksinasi, pemberian vitamin dan obat cacing serta penandaan dan pendataan ternak gencar dilakukan dokter hewan dan paramedik veteriner setempat.

Pertanyaannya, bagaimana cakupan pelayanan Kesehatan hewan yang sudah dilakukan tim kerja Puskeswan Pembantu Cibaliung?. Kepala UPT Puskeswan Pandeglang menuturkan, selama periode bulan September s.d Desember 2022 tim medis dan paramedik veteriner Puskeswan Pembantu Cibaliung telah melakukan pelayanan kesehatan hewan terhadap 807 ekor hewan peliharaan milik peternak dan warga masyarakat pemilik hewan kesayangan.

Baca juga: Polres Pandeglang ungkap kasus pembunuhan wanita muda di Stadion Badak

“Dari jumlah tersebut jenis hewan peliharaan yang paling banyak ditangani di Puskeswan Pembantu Cibaliung adalah jenis hewan ternak sebanyak 704 ekor terdiri dari kerbau sebanyak 532 ekor, domba 114 ekor, sapi 20 ekor dan kambing sebanyak 6 ekor,” tutur Ade Setiawan, Jumat (10/02/2023).

Adapun jenis hewan peliharaan dan kesayangan yang dilayani sebanyak 103 ekor terdiri dari Anjing sebanyak 64 ekor, kucing 38 ekor dan seekor musang. “Untuk jenis masalah Kesehatan hewan peliharaan yang ditangani kebanyakan adalah kekurangan vitamin, kecacingan, demam tiga hari pada ternak, kecacingan, scabies, orf, enteritis. Itu penyakit yang terbanyak,” ungkapnya
Salah satu pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pembantu Cibaliung diantaranya tindakan kastrasi pada hewan kesayangan oleh tenaga medik veteriner drh. Ike Yuniarni


Ade Setiawan menambahkan, penyakit hewan lainnya yang ditemukan dalam jumlah relative sedikit di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Cibaliung adalah penyakit dermatitis atopik, kembung, anemia, febris, vulnus, atresia ani, gastritis hingga penyakit tumor pada hidung.

Ia mengungkapkan, Puskeswan Pembantu Cibaliung yang beralamat di Jalan Alun-alun Utara No. 5 Desa Sukajadi Kecamatan Cibaliung tersebut beroperasi selama lima hari kerja dalam sepekan. “Saat ini Puskeswan Pembantu Cibaliung memiliki personal SDM tenaga kesehatan hewan dua dokter hewan dan dua paramedik veteriner,” ungkapnya.

Ia mengatakan keberadaan dokter hewan sangat dibutuhkan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyakit hewan menular serta kesejahteraan hewan itu sendiri.

“Bagi masyarakat yang memelihara ternak, dan hewan kesayangan keberadaan dokter hewan tentu sangat dibutuhkan. Terlebih saat peliharaan mereka sedang sakit atau membutuhkan perawatan medis,” katanya.

Oleh sebab itu, tambah Ade Setiawan, untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan Kesehatan hewan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mengembangkan jaringan layanan Kesehatan hewan disejumlah kecamatan di Kabupaten Pandeglang seperti Puskeswan Pembantu di Kecamatan Cibaliung, Labuan dan Kecamatan Menes.

Dirinya optimistis kedepan pelayanan Kesehatan hewan semakin dibutuhkan warga masyarakat maupun peternak. “Hal itu karena Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu sentra ternak di Provinsi Banten yang berpotensi besar untuk dikembangkan,” tandasnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023