Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tangerang, Banten mendorong para perempuan di daerah itu melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk mendeteksi secara dini dan mencegah kanker serviks atau leher rahim.

Ketua TP PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah di Tangerang, Jumat, mengatakan masyarakat harus terus mendapatkan edukasi tentang pentingnya pemeriksaan IVA melalui pendekatan pengajian atau aktivitas lainnya.

"Pertama, kita harus sosialisasikan terus terkait pentingnya IVA test dan emergency-nya untuk perempuan-perempuan di Kota Tangerang. Kedua, kita juga harus berikan pengetahuan bahwa mereka itu membutuhkan IVA test. Jadi, kesadaran mereka yang harus kita tingkatkan untuk mau IVA test. Mudah-mudahan dengan adanya talk show (tayang bincang) seperti ini kita dapat mendapatkan informasi pentingnya IVA test," katanya dalam acara Talk Show BISA SAJA (Bincang Sehat Bersama Puskesmas Baja) di Aula Kecamatan Cibodas.

Ia menjelaskan pentingnya pemeriksaan IVA bagi para perempuan terkait dengan upaya menciptakan lingkungan keluarga yang sehat.

"Saya harap, wanita Kota Tangerang mengerti bahwa perempuan adalah motor dari segala rumah tangga. Perempuan sehat, keluarga dan anak-anak kita juga sehat," katanya.

Kepala Puskesmas Baja dr. Eny Purwati menambahkan Talk Show BISA SAJA tindak lanjut dari bagian program Cibodas Taiyo (Tes IVA Yok).

Ia mengungkapkan adanya peningkatan jumlah warga yang datang ke puskesmas untuk menanyakan atau melakukan pemeriksaan IVA, khususnya di Puskesmas Baja.

"Setelah launching (peluncuran) kemarin, sudah banyak ibu-ibu yang ingin tahu apa itu IVA test. Mereka mulai datang untuk menanyakan terkait IVA test, dan ada juga yang sudah melakukan IVA test. Di Puskesmas Baja sendiri, layanan untuk IVA test ada pada hari Rabu dan Jumat mulai dari pukul delapan pagi, dan IVA test ini gratis," katanya.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023