Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, Banten memberikan pelatihan keahlian kerja industri kepada 176 warga setempat guna meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka sehingga berkualitas tinggi.

"Di gelombang satu tahun 2023 ini dibuka 11 kelas dengan masing-masing 16 orang dalam satu kelas tersebut, kemudian untuk pelatihan di gelombang satu ada beberapa kategori, seperti basic office, menjahit sepatu, menjahit garmen, menjahit pakaian, service AC, dan operator forklift," kata Kepala UPTD Latihan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang Suparman di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Ketua Bawaslu sebut Tangerang masuk zona rawan pelanggaran Pemilu

Ia menyebutkan program kegiatan pelatihan ini untuk memperbarui keterampilan, pengetahuan, mengasah sikap, etika dan perilaku peserta dengan tujuan menjembatani program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran, baik disebabkan lepas pendidikan maupun berusaha mandiri.

"Melalui program BLK ini diharapkan angka pengangguran di kita bisa terus menurun dan dapat mencetak masyarakat yang produktif, memiliki keahlian, pekerjaan, atau bahkan membuka lapangan kerja yang baru di Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Ia mengungkapkan pelatihan kerja ini dilakukan melalui proses pendaftaran sejak Januari lalu dengan didapat sebanyak 1.500 masyarakat Kabupaten Tangerang melamar untuk mengikuti beberapa kategori pelatihan tersebut.

"Setelah dilakukan seleksi dan wawancara kepada calon peserta yang mendaftar terjaring 176 orang yang akan mengikuti pelatihan kerja gelombang satu yang akan digelar pada 8 Februari sampai 17 Maret 2023," ujarnya.

Selama masa pelatihan kerja itu, lanjut dia, peserta akan mendapat sejumlah fasilitas dari pemerintah di antaranya konsumsi, seragam, alat tulis kantor (ATK) , modul pelatihan, sertifikat BLK, sertifikat BNSP, SIO dan uang transpor.

Pada 2023, pihaknya membuka lima gelombang pelatihan kerja secara bertahap agar masyarakat yang belum bisa mengikuti pelatihan kerja pada gelombang pertama, ke depan masih bisa mengikuti program itu.

"BLK ini gratis tidak dipungut biaya, silakan daftar melalui website Aplikasi Siapkerja yang sudah terverifikasi dan bisa juga dilakukan melalui website blk-tangerangkab. Kemudian untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi (021) 22595495 atau melalui WhatsApp 082122553636," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023