Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, meminta pelaku seni untuk melakukan inovasi dalam memupuk kecintaan dan pelestarian terhadap seni dan budaya lokal di antaranya pencak silat.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang, Senin, mengatakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah dua tahun menjadikan pencak silat sebagai muatan lokal wajib di sekolah yang dibina oleh MS Jalan Enam.

Baca juga: Wakil Wali Kota: IPM Kota Tangerang Selatan alami peningkatan

"Ini menjadi upaya Kota Tangerang Selatan untuk bisa mencintai pencak silat dengan menghadirkannya di sekolah,” kata Pilar dalam keterangannya.

Ia mengatakan pencak silat harus dikembangkan lebih baik lagi dan ditransformasikan agar anak sekarang yang suka media sosial bisa mencintai pencak silat.

"Promosi sudah tidak bisa monoton, masukkan ke media-media sosial yang penting anak mencintai dan menguasai pencak silat, bukan hanya sekadar tahu,” ujarnya,

Menurut dia, perkembangan zaman jangan sampai menghalangi pelestarian budaya. Meskipun ia mengakui jika mendirikan sanggar silat tidak mudah dan tantangannya banyak sekali.

"Apalagi generasi muda kita hobinya pegang handphone. Namun, jangan sampai lupa kita punya seni budaya yang kita cintai. Upaya melestarikaannya dengan bersama-sama kembali menggencarkan pencak silat,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023