Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten menargetkan  produksi ikan tangkap dan budidaya sebanyak 240.000 hingga 250.000 ton pada tahun 2023 dengan melakukan beberapa program guna mendukung kerja dan produktifitas nelayan.

"Kami akan bangun sarana dan prasarana serta penyediaan lainnya agar bisa mencapai target," kata Kepala DKP Provinsi Banten Eli Susiyanti di Serang, Kamis.

Baca juga: Pemprov Banten terima persetujuan substansi RTRW dari Kementerian ATR/BPN

Ia mengatakan, dengan meningkatkan produktifitas di bidang ikan tangkap, DKP Banten melakukan pembangunan pelabuhan perikanan dan penyediaan perijinan kapal serta memberikan kemudahan lainnya.

"Kita juga menyediakan peralatan berupa  alat tangkap bagi para nelayan," katanya

Sementara, DKP Banten melakukan diversifikasi kepada para unit pengolah ikan (upi) dalam upaya meningkatkan olahan produksi ikan di bidang budidaya agar mempunyai nilai ekonomis tinggi.

"Kemarin kita lakukan diverifikasi olahan, asistensi dan juga memberikan benih ikan kepada para pembudidaya," kata Eli.

Ia juga berharap kedepannya sektor kelautan dan perikanan menjadi salah satu penggalang perekonomian di Provinsi Banten. Dan pada akhirnya nanti bisa mensejahterakan masyarakat pesisir terutama nelayan.

"Ketika sektor ini bergerak maju, maka dampaknya adalah kesejahteraan mereka (masyarakat nelayan dan UPI) akan meningkat," katanya.

 

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023