Pemerintah Kota Tangerang memberikan diskon sebesar 70 persen untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P-2), dalam rangka memperingatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30 daerah itu.

"Kita imbau masyarakat sudah bisa mengambil SPPT miliknya di kelurahan maupun kecamatan dan manfaatkan diskon capai 70 persen yang berlaku hingga 31 Maret 2023," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang Kiki Wibhawa di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Kafilah Karawaci jalani pembinaan lanjutan untuk hadapi MTQ Provinsi

Ia menyatakan,  telah menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) mulai dari buku I hingga III tahun 2023 kepada 13 kecamatan hari ini. Manfaatkan juga diskon yang diberikan," kata Kepala  Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang Kiki Wibhawa di kecamatan Karawaci usai penyerahan buku SPPT dan PBB-P2, Rabu.

Kiki menambahkan, selain bisa mengambil fisiknya, masyarakat sebenarnya juga bisa mengecek SPPT yang diterbitkannya ini, melalui aplikasi Tangerang LIVE. 

Terkait dengan program tersebut, Bapenda mengundang kelurahan dan seluruh RW di Kecamatan Karawaci,  untuk mendapat pemahaman terkait telah diterbitkannya SPPT PBB-P2 tahun 2023. Selanjutnya, bisa menyalurkan informasi lebih luas lagi ke masyarakatnya, bahwa selain bisa diambil fisiknya, masyarakat bisa cek lewat aplikasi Tangerang LIVE dan melakukan pembayaran pajak di momentum diskon HUT Kota Tangerang juga melalui aplikasi Tangerang LIVE.

Adapun diskon lain yang diberikan Bapenda Koya Tangerang adalah penghapusan sanksi administratif SPPT PBB-P2 sampai dengan tahun 2022, pengurangan SPPT PBB-P2 tahun 2023 sebesar Buku II pengurangan 10 persen, Buku III pengurangan enam persen, Buku IV pengurangan empat persen dan Buku V pengurangan tiga persen.

"Bapenda juga menghadirkan pengurangan BPHTB sebesar 25 persen dan penghapusan sanksi administratif Program Sertifikat Tanah PRONA/PTSL/PTKL," ujarnya.

Camat Karawaci yakni Mahdiar mengatakan seluruh lurah setelah mendapatkan sosialisasi dari Bapenda maka bisa langsung menyebarluaskan kepada masyarakat.

"Segera kita sampaikan kepada semua jajaran hingga RT/RW dalam penyerahan SPPT PBB-P2 ini agar masyarakat dapat mengetahui," katanya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023