Dinas Sosial Kota Tangerang, Banten melalui Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) menyiapkan 141 orang personel dalam penanganan pengungsi terkait kesiapsiagaan cuaca ekstrem.

"Persiapan yang dilakukan adalah ketersediaan logistik yang diperlukan bila terjadi bencana serta melakukan piket siaga banjir dari pasukan Tagana sebanyak 20 orang per hari," kata Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Mulyani di Tangerang, Kamis.

Ikuti Survei Kesadaran Merek ANTARA: Klik di sini

Selain itu, Dinas Sosial juga menyiapkan logistik untuk keperluan personel dan bantuan kepada masyarakat terdampak jika terjadi bencana.

Mulyani menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terkait kemungkinan cuaca ekstrem.

Baca juga: PMI Kota Tangerang distribusikan tangki air bagi pengungsi di Cianjur

"Untuk masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem ini, bilamana ada keadaan darurat bencana bisa menghubungi pasukan Tagana di wilayah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tagana Kota Tangerang Fathurrohman menyampaikan sebanyak 141 pasukan telah bersiaga dalam menghadapi kemungkinan cuaca ekstrem.

Pasukan telah dipersiapkan, ada Tagana Muda dan Tagana Senior sebanyak 141 orang.

"Mereka telah dilatih dalam penanganan pengungsi, seperti menyiapkan dapur umum serta melakukan monitoring ke wilayah rawan bencana," ucap Fathur.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022