Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) memberikan hadiah bagi masyarakat Pra Sejahtera di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, melalui Acara Peresmian dan Penyalaan Pertama Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang dilaksanakan di Desa Patrasana, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Senin (26/12/2022). 

Bantuan ini diperuntukkan untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada desa/lurah atau pejabat yang setara. 

Baca juga: PLN Sukses Jaga Pasokan Listrik Saat Malam dan Hari Natal, Umat Kristiani Beribadah Dengan Suka Cita

Sekretaris Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, Ida Nuryanti Finahari, mengungkapkan masyarakat penerima Program BPBL 2022 sebanyak 80.000 rumah tangga yang tersebar di 22 Provinsi. 

"Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat untuk memperoleh akses listrik adalah melalui program BPBL yang hari ini akan dilakukan peresmian dan penyalaan pertama untuk Provinsi Banten tepatnya di Kabupaten Tangerang. Program ini merupakan penugasan dari pemerintah oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM yang dilaksanakan dan didukung PLN.” ujar Ida. 

Lebih lanjut Ida menjelaskan melalui program BPBL ini masyarakat penerima program BPBL akan mendapatkan instalasi listrik rumah berdaya 450 VA, tiga titik lampu, satu kotak kontak, pemeriksaan dan pengujian instalasi Sertifikat Laik Operasi (SLO), penyambungan ke PLN dan token listrik pertama.

General Manager PT PLN (Persero) UID Banten, Abdul Mukhlis menambahkan PLN UID Banten berhasil menuntaskan pemasangan BPBL pada 2.326 rumah tangga per 27 November 2022 atau 101,6% (dari target 2.187 Rumah Tangga). Dari angka tersebut sebanyak 1.108 Rumah Tangga ada di Kabupaten Tangerang. 

"Program BPBL ini merupakan bukti nyata dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengejar target rasio elektrifikasi sebesar 100% dan menunjukkan keseriusan PLN dalam melaksanakan penugasan yang diberikan pemerintah", ujar Abdul. 

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, yang turut hadir dalam peresmian tersebut menyebutkan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam menghadirkan keadilan energi bagi masyarakat. 

“Kami sangat mengapresiasi Kementerian ESDM dan PLN UID Banten khususnya atas direalisasikannya program BPBL Provinsi Banten. Berkat support berbagai pihak dari Kementerian ESDM, PLN, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat Banten sehingga program ini dapat membantu mendorong kemajuan bagi masyarakat yang kurang mampu,” ujar Mulyanto. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mewakili pemerintahan Kabupaten Tangerang mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah melalui Kementerian ESDM dan PLN kepada masyarakat pra sejahtera di Kabupaten Tangerang yang sangat membutuhkan penyambungan listrik. 

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Tangerang berterimakasih atas dukungan kepada warga kami berupa sambungan listrik gratis yang sangat bermanfaat. Kita semua  berharap Program BPBL ini dapat memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat dan meningkatkan taraf hidup untuk kegiatan ekonomi yang lebih produktif. Semoga kerjasama dan koordinasi yang baik ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang,” ucap Agus. 

Seremoni penyalaan dilakukan dikediaman salah satu warga Desa Patrasana, Masni dilanjutkan penyerahan pemberian simbolis bantuan TJSL. 

"Saya mewakili warga desa Patrasana, alhamdullilah sekali, terima kasih banyak kepada pemerintah dan semua pihak yang terlibat dalam Program BPBL ini, desa kami menjadi terang dan semoga kehidupan kami menjadi lebih produktif", ungkap Masni. 
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022