Dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Banten tahun 2022, dinas sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang ikut serta berpatisipasi memamerkan produk UMKM khas daerah itu.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Pandeglang Nuriah di Serang, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut diadakan oleh Dinsos Provinsi guna memeriahkan peringatan HKSN tahun 2022.

"Kita punya potensi di lapangan, terutama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang jago membuat kue," kata Nuriah saat memamerkan produk makanan khas Pandeglang.

Nuriah mengatakan, pada pameran tersebut bukan hanya pendamping PKH, namun ada juga dari hasil karya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) binaan yang dipamerkan, tujuannya untuk mempromosikan produk-produk UMKM lokal agar bisa dikenal oleh masyarakat luas, sehingga pemberdayaan ekonominya berjalan.

"Kita ada program PRSE atau Perempuan Rawan Sosial Ekonomi, melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) disitu kita kasih modal untuk pelaku UMKM," kata Nuriah.

Kelompok Usaha Bersama Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (KUBE PRSE) merupakan program khusus perempuan yang ekonominya di dalam keluarga.

Adapun jenis makanan yang dipamerkan oleh Dinsos Pandeglang terdiri dari beberapa macam makanan khas lokal Kabupaten itu.

 "Ada kue balok, Apem Kadu Bumbang, Jojorong, Pais, Bugis, opak, Emping, dan masih banyak makanan khas lokal Pandeglang lainnya," tutup Nuriah.

Pewarta: Lukman Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022