Pandeglang (Antara News) - Calon bupati dan wakil bupati Pandeglang Irna Narulita-Tanto Warsono Arban menyatakan akan mendorong percepatan  pembangunan jalan tol Serang-Pandeglang.

"Kita akan mendorong agar pembangunan jalan tol bisa dipercepat karena jalur itu sangat dibutuhkan untuk mendukung percepatan Pandeglang dan peningkatan ekonomi masyarakat," kata Irna Narulita saat ditemui usai kampanye bersama di Pandeglang, Kamis.

Irna, yang sebelum mencalonkan diri pada pilkada Pandeglang duduk di Komisi VI DPR RI itu menyatakan selama ini pun terus memantau perkembangan rencana pembangunan jalan tol yang akan dilaksanakan oleh pemerintah pusat itu.

"Saya terus pantau, dan nanti kalau terpilih sebagai Bupati Pandeglang akan mengupayakan pada pemerintah Provinsi Banten dan pusat agar realisasinya bisa dipercepat," ujarnya.

Ia menyatakan optimistis kalau pembangunan jalan tol bisa teralisasi pertumbuhan ekonomi Padeglang akan bergerak cepat dan banyak investor yang menanamkan modalnya di daerah itu.

"Pandeglang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah namun belum dimanfaatkan secara maksimal, kalau jalan tol sudah dibangun akan banyak investor masuk untuk mengelola sumber daya itu," ujarnya.

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan pembangunan jalan tol dari Serang ke Kecamatan Panimbang, Pandeglang, dimulai 2016.

"Tahun ini dilakukan  studi kelayakan, pembuatan dokumen analisa mengenai dampak lingkungan (amdal), pembebasan lahan, sedangkan untuk  pembangunan fisik direncakan 2016," katanya.

Bupati juga menyatakan seluruh proses terkait pembangunan jalan tol tersebut dilaksanakan oleh pemerintah pusat.

Erwan menjelaskan pembangunan jalan tol tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp9,57 triliun, dengan rute melewati tiga kabupaten, yakni Serang, Lebak dan Pandeglang.

Jalan tol tersebut, kata dia,  merupakan infrastruktur mikro untuk mendukung pembentukan KEK Pariwisata Tanjung Lesung, dan pembangunannya tinggal menunggu pelaksanannya saja.

Menurut dia, pembangunan jalan tol tersebut merupakan program pemerntah pusat dan didanai anggaran dari APBN. Fasilitas transportasi itu dibangun guna mendukung pembentukan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata di Pandeglang.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015