Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Tangerang berharap pengurus baru Satuan Karya (Saka) Kalpataru untuk bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup dalam menjalankan misi serta berkarya di bidang lingkungan hidup yang sejalan dengan pemerintah.

“Saka Pramuka Kalpataru agar dapat menjalankan misi dan berkarya di bidang lingkungan hidup, dan pastinya Kwarcab Pramuka Kota Tangerang akan terus mendampingi setiap pergerakan yang ada di Saka yang berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup,” kata Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana Kwarcab Kota Tangerang, Engkos A. Zarkasyi di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Selasa

Baca juga: Wali Kota Tangerang: Pegawai harus lebih kreatif sosialisasi program pemkot

Perlu diketahui, Saka Kalpataru kembali aktif setelah lama vakum sejak pandemi COVID-19. Pengurus baru Satuan Karya (Saka) Kalpataru akan mengabdi untuk periode 2022 - 2027.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang yakni Tihar Sopian mengatakan pihaknya bertanggung jawab dalam membina anggota Pramuka dari Saka Kalpataru yang nantinya bertugas dalam menata kelola lingkungan hidup di wilayahnya masing-masing.

Ia menjelaskan ada tiga krida di Saka Kalpataru yakni Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Krida Perubahan Iklim, serta Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati.

“Saka Pramuka Kalpataru di tingkat penegak dan pandega akan bertugas  bagaimana menata kelola lingkungan hidup di wilayahnya masing-masing, dimana Kalpataru merupakan pohon kehidupan,” ujar Tihar yang juga pengurus baru Satuan Karya (Saka) Kalpataru

Saka Pramuka Kalpataru secara nasional telah berdiri sejak 5 Desember 2013 yang masa kepengurusannya selalu berganti setiap lima tahun sekali. "Setelah pelantikan kepengurusan, selanjutnya akan dilakukan pelantikan anggota dari Saka Pramuka Kalpataru," ujarnya.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022