Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) berencana melaksanakan kegiatan pengendalian inflasi pangan daerah melalui pasar tani di Alun-alun Pandeglang, Minggu (4/12/2022) besok, yang tujuannya untuk membantu perekonomian para petani sekaligus dalam rangka mendukung program penanganan dampak inflasi pangan daerah.

“Kegiatan pasar tani yang mengusung tema bela beli produk petani diselenggarakan di Alun-alun Pandeglang pada Ahad 4 Desember 2022 mulai pukul 06.30 sampai dengan selesai,” ujar Kepala DPKP Kabupaten Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP Sabtu (3/12/2022).

Baca juga: Kader Posyandu di Kabupaten Pandeglang diminta bantu turunkan stunting

Dia mengatakan, salah satu upaya pihaknya mendorong masyarakat bela beli produk petani adalah dengan memfasilitasi kegiatan pasar tani melalui kemitraan dengan petani dan kelompok tani (Poktan) setempat.

“Harapan kami dengan adanya fasilitasi pasar tani dan bela beli produk petani, para petani menjadi senang karena membantu perekonomian mereka supaya tidak semakin tertekan di masa Pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Dr. Nasir menerangkan, keberadaan pasar tani yang digagas DPKP diyakini dapat menjaga stabilitas harga produk pertanian di pasaran disamping membantu perekonomian para petani lokal. Sementara bagi masyarakat pembeli akan memperoleh produk yang segar karena penjualnya adalah petani langsung mengambil dari lahan pertanian setempat.

“Untuk mendukung bela beli produk petani, kami menyiapkan 10 stand pasar tani yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, cabe, bawang, telor, bahan pangan olahan, dan segala kebutuhan pokok lainnya,” imbuhnya.

Dirinya mengingatkan, terkait masalah pangan adalah menyangkut hidup dan matinya bangsa. Oleh karena itu sekalipun di masa pandemi seperti sekarang ini, sektor pertanian tidak boleh berhenti, petani harus tetap berproduksi supaya stok pangan aman.

“Semuanya harus bersama-sama, menyemangati para petani dengan cara membeli produk dari para petani,” tegasnya.

Ditambahkan, rencananya pasar tani bela beli produk petani diagendakan digelar dua kali yakni pada pekan pertama dan kedua bulan Desember 2022 atau tepatnya pada Ahad 4 Desember 2022 dan 11 Desember 2022.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022