Serang (Antara News) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno melepas tim  Marching Band Gita Surosowan Banten, untuk mengikuti kontes di Indianapolis Amerika Serikat (AS).

Pelepasan 178 anggota tim Marching Band Gita Surosowan Banten tersebut dilaksanakan di Stadion Maulana Yusuf Banten di Serang, Selasa.

Marching Band Gita Surosowan Banten yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa di Banten tersebut, akan mengikuti kejuaraan Drums Corp Internasional (DCI) World Clas di Indianapolis, Amerika Serikat  pada 31 Juli-11 Agustus mendatang. 

Tim akan diberangkatkan dalam dua tahap yakni tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2015. Tim akan kembali ke Indonesia pada 12 Agustus dan rencananya akan langsung diundang Presiden Joko Widodo untuk menunjukan kebolehannya di depan Istana Negara.

"Kalian adalah orang-orang pilihan, yang akan membawa harum nama bangsa Indonesia dan khususnya Provinsi Banten di ajang Internasional," kata Plt Gubernur Banten Rano Karno saat melepas tim Marching Band tersebut.

Ia berharap, dengan segala persiapan dan kerja keras berlatih, Marching Band Gita Surosowan akan mampu meraih prestasi dalam kontes yang diikuti sejumlah negara seperti Belanda, Thailand dan Amerika Serikat tersebut.

Pelepasan tim Marching Band Gita Surosowan tersebut, selain dihadiri Plt Gubernur Banten Rano Karno, juga dihadiri Ketua KONI Banten Brigjen Pol (Pur) Rumiah Kartoredjo, Sekda Banten Kurdi Matin, Kepala Dispora Banten Opar Sohari serta sejumlah pejabat lainnya.    

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Opar Sohari mengatakan,  Tim Marching Band GSB akan berangkat dalam dua tahap yakni pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2015. GSB mewakili Asia dalam kejuaraan internasional tersebut, menghadapi sejumlah negara seperti Belanda, Thailand dan Amerika Serikat.

Untuk mengirimkan tim ke Amerika Serikat tersebut, Pemprov Banten menyiapkan anggaran melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten sebesar Rp6 miliar. 

"Anggaran tersebut digunakan untuk tiket pesawat sekitar 1. 900 Dolar Amerika Serikat (AS) per orang. Belum termasuk untuk 'living cost' selama 11 hari di sana," kata Opar.

Opar mengatakan, keikutsertaan Marching Band tersebut sebagai upaya untuk mengharumkan nama Banten khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya di Internasional. 

Selain itu, kata Opar, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX di Jawa Barat, pada cabor marching band Gita Surosowan Banten diharapkan mendapatkan tiga medali emas.

"Kita targetkan pada PON nanti pada Cabor Marching Band, Banten bisa mengantongi tiga emas dari 8 kategori marching Band yang dilombakan," katanya.

Ia juga berharap dengan keberangkatan tim Marching Band Gita Surosowan ke Amerika Serikat tersebut, sebagai bagian dari upaya membangun karakter dan mental anak bangsa untuk siap bersaing di ajang Internasional. Sebab Pemerintah harus mendukung anak bangsa yang beprestasi baik secara moril maupun materil.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015