Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Banten menyiapkan sejumlah layanan di Festival Sipon Cisadane seperti konsultasi ketenagakerjaan, pembuatan kartu kuning, hingga membuka lowongan pekerjaan atau virtual job fair dari 21 perusahaan.

"Job fair di Festival Sipon Cisadane sangat mudah diakses. Para pelamar tinggal berkunjung, dan melakukan scan barcode pada perusahaan yang dituju, pada papan-papan barcode di meja yang telah tersedia di stan Disnaker," kata Kepala Disnaker Ujang Hendra Gunawan di Tangerang, Ahad, dalam keterangannya.

Baca juga: 170 pekerja migran Indonesia asal Kabupaten Tangerang akan berangkat ke Hong Kong

Ia menuturkan, setelah scan barcode pada perusahaan yang dituju, pelamar akan langsung masuk ke Aplikasi Tangerang LIVE pada fitur Cakap Kerja dan Job Fair.

"Dalam langkah inilah, para pelamar harus menyiapkan sederet data diri. Secara teknis, ada petugas yang stand by di stan Disnaker siap membantu para pelamar," Katanya.

Lewat stan ini, Disnaker berharap dapat memberikan layanan pencarian kerja yang lebih menyenangkan bagi para pencari kerja. Dimana para pelamar bisa mencari kerja sambil main atau jalan-jalan di seputar Festival Sipon Cisadane.

"Sambil jalan-jalan siapa tau rejeki dapat kerjaan baru. Apalagi perusahaan yang terlibat termasuk perusahaan besar di Kota Tangerang. Seperti, Gajah Tunggal, Jasa Angkasa Semesta, Indomart, Prima Food, Modern Golf, AnterAja dan lainnya," katanya.

Pantauan di lapangan, stan yang diisi sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi tampak ramai dikunjungi masyarakat. Misalnya saja di stan PKK, DWP dan GOW Kota Tangerang, yang menyediakan permainan Ular Tangga Raksasa. Terlihat anak-anak bermain dan tertawa bersama memainkannya, para orangtua pun terlihat senang mengabadikan kebersamaan anak-anaknya lewat bidikan kamera handphone.

"Saya tahu ada Festival Sipon Cisadane lewat sosial media. Senang sekali, dapat hiburan festival seperti ini. Anak-anak betah di sini, saya sudah sejak siang sampai mau gelap gini belum mau pulang. Anak-anak banyak belajar disini, tapi seru dan senang. Kita orangtua juga banyak jajan produk UMKM disini," ungkap Hartanti, warga Batu Ceper.

Hal senada juga diungkapkan, Affandi Suryana, warga Kecamatan Periuk yang datang bersama istri dan tiga anaknya. Kata Affandi, sejak datang anak bungsunya Febrian senang dan terlihat antusias di stan PUPR melihat alat berat hingga material pembangunan jalan.

"Sedangkan istri saya dari tadi asik kulineran bersama dua anak perempuan saya. Kalau saya, nonton band-band yang tampil juga sudah senang banget. Hiburan sekali, melepas akhir pekan bareng keluarga, belajar, jajan, seru-seruan paket lengkap buat keluarga acara seperti ini," kata Affandi.*

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022