Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang, Banten, sudah memberikan sertifikat halal secara gratis bagi 234 pelaku UMKM dan koperasi.

Kepala Diskoperindag Pandeglang Suaedi Kurdiatna di Pandeglang, Banten, Selasa mengatakan jumlah koperasi dan UMKM di Kabupaten Pandeglang ada 586 unit.

Baca juga: Jasa Raharja Banten bayarkan santunan korban Lakalantas di Bojong Pandeglang

Sedangkan untuk koperasi yang aktif tercatat hanya sekitar 150 unit yang dibuktikan dengan rapat anggota tahunan (RAT) yang dilaksanakan pada 2022 ini.

Ia mengatakan, sebagai upaya untuk terus meningkatkan usaha perkoperasian, pihaknya terus memberikan pelatihan dan pembinaan.

"Di antaranya kami bantu pelaku usaha mendapatkan sertifikat halal sebanyak 234 secara gratis," kata Suaedi pada peringatan Hari Koperasi ke-75 tingkat Kabupaten Pandeglang yang diisi dengan jalan santai.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan dirinya sangat bangga terhadap insan perkoperasian yang berprestasi, sehingga diharapkan kehadiran koperasi ini bisa ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap koperasi ini terus ditingkatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, koperasi merupakan sistem perekonomian yang diharapkan bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan. Namun, tentunya koperasi yang dijalankan dengan prinsip ekonomi masyarakat berasaskan kekeluargaan.

Menurutnya, upaya ekonomi koperasi ini dinilai akan mampu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

"Koperasi sehat berdampak pada kuatnya ekonomi, karena koperasi sebagai wadah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Irna.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022