Tangerang (AntaraBanten) - Sebanyak 20 tim dari perwakilan delapan negara akan mengikuti Kejuaraan Internasional Barongsai 2015 yang akan dilaksanakan di sebuah pusat perbelanjaan Kota Tangerang, Banten.

Wakil Ketua Harian Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), Sunarjaya di Tangerang, mengatakan, even yang digelar antar kerjasama FOBI dan Kementrian Pemuda dan Olahraga dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2015.

Adapun delapan negara yang mengirim perwakilannya yakni Singapura, Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Taiwan, Makau, Philipina dan Indonesia.

"Untuk hadiah yang disiapkan untuk pemenang yakni sebesar 13.500 dolar amerika dengan kategori lomba yakni tonggak," ujarnya.

Selain lomba tingkat internasional, dilaksanakan juga kejuaraan barongsai skala nasional yang diikuti 40 tim terbaik dari 15 Provinsi.

Rencananya, event yang dimaksudkan untuk mencari bibit muda tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 - 6 Juni 2015.

Nantinya, dari 40 tim yang bertanding, akan dipilih lima tim terbaik untuk kemudian menjadi wakil Indonesia dalam kejuaraan barongsai tingkat Internasional.

"Kegiatan ini pun untuk mempersiapkan asean games 2018 karena barongsai menjadi salah satu olahraga yang ikut dilombakan," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015