Serang (Antara News) - PT Marga Mandalasakti berhasil merampungkan renovasi gerbang tol Ciujung dan Serang Barat, merupakan prototype disain gerbang tol utama di Cikupa.

Rencananya disain gerbang tol Cikupa akan menjadi model bagi seluruh gerbang keluar dan masuk tol Tangerang - Merak.

"Upaya kami mendisain kembali seluruh gerbang tol dalam rangka mempercantik tampilan tol Tangerang - Merak secara keseluruhan," kata  Imam Syafii, Manajer Peningkatan Jalan Wilayah 2 PT Marga Mandalasakti di Serang, Rabu.

Renovasi itu sendiri dapat diselesaikan tepat waktu meskipun semula sempat menemui beberpa kendala. Seperti saat pembangunan, tiang yang tadinya dibor sedalam 17 meter ternyata menemui tanah yang lembek, sehingga kami harus menggali lebih dalam hingga 25 meter sampai menemukan tanah yang keras dan kokoh,” kata Imam menjelaskan. 

Proyek renovasi yang bekerjasama dengan kontraktor PT Widya Sapta Colas (Wasco) tersebut selesai dalam kurun waktu 10 bulan dan menelan dana cukup besar. 

Selama pengerjaan renovasi, tidak ada penutupan lajur transaksi sehingga pengguna jalan dapat bertransaksi seperti biasa. “Proyek sama sekali tidak mengganggu arus lalu lintas. Dalam renovasi tersebut kami mengutamakan penyelesaian gardu agar pengguna jalan sudah dapat segera bertransaksi dengan gardu yang baru, papar Imam.

Tak hanya melakukan re-design gerbang, MMS juga melakukan penambahan lajur transaksi pada gerbang tol Ciujung dan Serang Barat. Pada pintu keluar (exit) Ciujung

Semula empat lajur menjadi lima lajur, dan pintu masuk (entrance) mengalami penambahan dari tiga menjadi empat lajur. Sedangkan entrance Serang Barat semula lima lajur menjadi tujuh lajur.

Penambahan lajur ini bertujuan agar jalur tol bebas antrean berdasarkan kajian hingga 2020 dan lalu lintas tetap lancar dengan volume kendaraan yang terus meningkat. 

Terkait proyek berikutnya, Sunarto Sastrowiyoto selaku Direktur Operasional MMS mengatakan, re-design gerbang tol yang terakhir yakni Balaraja Timur dan Cilegon Barat akan dimulai pada akhir Juni mendatang. 

“Karena gerbang sudah dipercantik, sekarang MMS akan mulai mempercantik kantor gerbang Merak dan Cilegon Timur yang akan mulai renovasi pada akhir Mei,” ujar Sunarto.

Upaya MMS untuk terus ‘memanjakan’ pelanggan melalui beautifikasi jalan tol Tangerang-Merak merupakan bukti kesungguhan memenuhi tahun Inovasi dan Kepuasan Pelanggan 2015. 

MMS menyadari, pengguna jalan merupakan salah satu pemangku kepentingan yang patut diperhatikan karena melalui pengguna jalan lah MMS akan terus hidup. 

Dengan konsistensi melakukan beautifikasi dan menjunjung tinggi kepuasan pelanggan, MMS terus menyongsong salah satu perusahaan pengusahaan jalan tol dengan reputasi terbaik di Indonesia, kata Sunarto.
 

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015