Pemerintah Kota Tangerang Banten melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop) membawa 15 produk yang terdiri dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Award 2022 dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) serta Kuliner dan Pangan Nusantara.

Analis Perdagangan Disperindagkop UKM, Oki Rahmadi di Tangerang, Rabu, mengatakan terdapat tiga kategori jenis produk yang ditampilkan antara lain pangan, fashion dan kerajinan.

Baca juga: Wali Kota Tangerang: Liga santri 2022 ajang silaturahmi anak muda

"Tentunya produk Kota Tangerang yang masuk pada TEI ini sudah melewati tahapan kurasi seperti legalitas usahanya, kapasitas produksi dan kualitas produk tersebut sudah berstandar Internasional,” kata Oki Rahmadi saat ditemui di Trade Expo Indonesia, Rabu.

Trade Expo Indonesia (TEI) serta Kuliner dan Pangan Nusantara diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan selama lima hari pada (19/10) sampai dengan (23/10) di Indonesia Convention Center Exhibition, Bumi Serpong Damai (ICE, BSD City), Kabupaten Tangerang.

Selain menampilkan produk unggulan, Disperindagkop Kota Tangerang juga membawa peserta yang mengikuti pelatihan ekspor yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan serta perusahaan dengan penjualan yang sudah nasional dan internasional.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Mikro, Hastuti Handayani menjelaskan bahwa Kota Tangerang memperkenalkan serta menjual beragam olahan pangan dan kuliner yang menjadi ciri khas.

"Alhamdulillah kali ini bisa memperkenalkan kuliner yang menjadi ciri khas Kota Tangerang yaitu, Laksa. Tidak hanya itu, para UMKM yang berasal dari kecamatan yang berada di Kota Tangerang serta sudah berhasil melewati tahapan kurasi juga menjajarkan produknya seperti cookies daun kelor, klanting, sagon bakar, akar kelapa, brownis panggang dan pie coklat," katanya.

Salah seorang pelaku UMKM, Ani Yuniarti mengungkapkan rasa syukur karena produk-produk para pelaku UMKM dan khususnya produk yang dimiliki dapat dikenal oleh pasar Internasional dengan harapan para UMKM dapat meningkatkan omzet mereka.

"Senang sekali dan bersyukur dapat diberikan kesempatan kali ini. Dengan begitu kita dapat bersinergi bersama, memperkenal produk kita para UMKM ke pasar Internasional," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022