Serang (AntaraBanten) - Sebanyak 264 siswa/siswi SMA dari delapan kabupaten/kota di Banten, mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMA tingkat Provinsi Banten tahun 2015.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten Engkos Kosasih Samanhudi di Serang, Senin, mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan prestasi atlet pelajar SMA, sehingga bisa dijadikan salah satu indikator keberhasilan pembinaan olahraga pelajar di sekolah.

Selain itu untuk menanamkan dan membina apresiasi seni, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, katanya.

"Tujuan lainnya untuk mempererat persahabatan, membina persatuan dan kesatuan bangsa sesama pelajar SMA demi memperkokoh ketahanan nasional." Kata Engkos Kosasih.

Engkos mengatakan ajang tersebut juga untuk menciptakan suasana kompetisi yang sehat dan sportif antar siswa, antar sekolah, antar kabupaten/kota di bidang olahraga dan seni.

"Kita ingin menanamkan dan membina apresiasi seni, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, serta mempererat persahabatan dan membina persatuan dan kesatuan bangsa," kata Engkos.

Kegiatan tersebut akan digelar selama tiga hari mulai 11-13 Mei 2015. Jumlah peserta yang terlibat dalam O2SN dan FLS2B sebanyak 264 siswa tingkat SMA se-Banten, yakni untuk peserta O2SN sebanyak 144 siswa yang merupakan hasil seleksi yang mewakili kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Sedangkan peserta FLS2N diikuti sebanyak 120 siswa. Adapun O2SN akan mempertandingkan enam mata lomba olahraga diantaranya silat, karate, bulu tangkis, catur, tenis meja, dan atletik.  

Sedangkan, FLS2N akan mempertandingkan tujuh mata lomba, yaitu baca puisi, cipta puisi, solo vokal, desain poster, Kriya, dan Festival Film Pendek.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMA tingkat Provinsi Banten tahun 2015 tersebut diselenggarakan di Anyer dan dibuka Plt Gubernur Banten Rano Karno.

Plt Gubernur Banten Rano Karno mengatakan kegiatan FLS2N dan O2SN tingkat Provinsi ini, sekaligus memperingati hari pendidikan nasional tingkat Provinsi Banten. Dengan harapan dapat memberikan manfaat positif dan wawasan baru bagi dunia pendidikan di Banten.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan sikap positif serta mampu mengembangkan pengetahuan dalam segala hal bagi anak-anak, sesuai dengan tahapan perkembangan secara kreatif," kata Rano.

Dengan demikian, kata Rano, kegiatan tersebut nantinya dapat memberikan kontribusi yang positif dan melahirkan tunas-tunas muda Provinsi Banten yang memiliki prestasi di bidang seni dan olahraga, serta mampu mengharumkan nama Banten di tingkat nasional maupun internasional.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015