Cikarang (Antara News) - Sekolah Jepang Hikari di CBD Orange County Cikarang dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) memulai tahun ajaran baru periode 2015.

"Kehadiran Hikari merupakan komitmen kami untuk turut meningkatkan pengembangan pendidikan di Indonesia," kata pendiri YPPH James T Riady dalam sambutannya pada peresmian tahun ajaran baru perdana Hikari Japanese School di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan, investasi di bidang pendidikan merupakan hal yang mendasar, kami menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya di abad 21.

Hikari Cikarang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik, setara dengan pendidikan di Jepang, sekolah ini mendidik dan membina mental, spritual, dan karakter.

"Kami sebagai pengurus YPPH akan terus menjaga reputasi universitas dan sekolah yang kami kelola. Kami saat ini telah menjalankan dua Universitas, lima Sekolah Pelita Harapan (SPH), enam Sekolah Dian Harapan (SDH) dan empat belas Sekolah Lentera Harapan (SLH).

Wiginy Kusliawan, School System Coordinator untuk Hikari Japanese School mengatakan, saat ini kami akan hanya membuka jenjang Taman Kanak Kanak, dengan target murid mencapai 100 orang, kedepannya akan berlanjut jenjang SD, SMP dan SMA.

Sekolah ini dibangun untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan anak-anak Keluarga Jepang di area segitiga emas Kawasan Industri Lippo Cikarang. Hikari Japanese School dibuka pada bulan Mei 2015 mengikuti jadwal kalender pendidikan di Jepang.

Advisor Hikari Japanese School, Kazuko menambahkan, akan menerapkan kurikulum Jepang, dengan tambahan bahasa Inggris supaya murid-murid kami dipersiapkan sejak dini dengan dua bahasa, dengan tenaga pengajarnya adalah guru berkebangsaan Jepang.

Menurutnya, sistem pendidikan Hikari Japanese School adalah holistic education, yaitu sekolah menjadi mitra dengan pihak keluarga dalam memberikan proses belajar yang membentuk dan mengembangkan anak dengan seluruh potensinya.

Fasilitas pendidikan yang tersedia saat ini, laboratorium komputer, library, kantin Jepang, bicycle track, lapangan olah raga, indoor & outdoor gym.

Meow Chong Loh, Presiden Direktur PT. Lippo CikarangTbk mengatakan, Lippo Cikarang adalah pengembang kawasan perkotaan dengan basis ekonomi yang kuat. Berbagai fasilitas ‘world class’ tersedia untuk dihuni oleh perusahaan-perusahaan terkemuka dunia seperti Toyota, Honda, Hyundai, Hankook, Bridgestone.

Saat ini 60 persen dari produksi otomotif di Indonesia berasal dari Koridor ini. Dan grafik populasi ekspatriat untuk komunitas Jepang, Korea, Taiwan, Cina, Malaysia, Singapura dan warga asing lainnya meningkat setiap tahunnya, ujar dia.

Chief Marketing Officer PT. Lippo Cikarang Tbk, Stanley Ang menambahkan, untuk memfasilitasi pertumbuhan jumlah ekspatriat, PTLippo Cikarang Tbk mengembangkan Orange County senilai Rp 250 triliun.

Orange County akan menjadi "The New California City" dimana terdapat area Japan Town, Korean Town, China Town sebagai tempat berkumpulnya komunitas ekspatriat yang saat ini jumlahnya telah mencapai ribuan orang dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan bisnis di kawasan industry pada Koridor Timur Jakarta.

Hikari memiliki luas 2,195 meter persegi terdiri dari lantai pertama seluas 1,155 meter persegi dan lantai ke-dua seluas 1,040 meter persegi dilengkapi sarana perpustakaan dan toko buku berbahasa Jepang dan Inggris, laboratorium komputer, unit kesehatan sekolah, kantin, arena bermain indoor dan outdoor, taman, dan kebun binatang mini.

Semua kebangsaan diterima dengan tangan terbuka untuk belajar di HJS yang pengaturan kelasnya berdasarkan ketentuan di Jepang.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan penerima tamu berpakaian Jepang, iringan lagu nuansa Jepang, prosesi pembukaan tirai dan pintu gerbang serta taiko (pemukulan genderang) oleh para pimpinan dengan dominasi dekorasi warna merah yang melambangkan semangat dan harapan seperti yang tercermin dari arti hikari yaitu bercahaya.

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015