Jakarta (Antara News) - Waralaba nasional PT Baba Rafi Indonesia meluncurkan toko kuliner online www.babarafionline.com yang menyajikan ragam panganan dan oleh-oleh nusantara yang dapat diakses masyarakat di Indonesia.

"Melalui situs belanja online kami ingin mengajak dan memberdayakan pengusaha kecil dan menengah (UMKM) agar dapat memperkenalkan dan memasarkan produk-produk terbaiknya," kata Direktur Pemasaran PT Baba Rafi Indonesia, Nilam Sari di Jakarta, Kamis.

Nilam menjelaskan, Baba Rafi menawarkan produk makanan dalam kemasan beku (frozen) dan dikeringkan sehingga meskipun membutuhkan waktu untuk pengiriman namun pembeli tetap menerima dalam kondisi segar serta dapat disimpan apabila tidak ingin langsung dikonsumsi.

"Tanpa memberikan pengawet pada makanan, cukup disimpan dengan suhu minus 8 derajad celcius sudah cukup membuat makanan yang kita tawarkan tahan untuk jangka waktu satu bulan. Penyajiannya tinggal dipanaskan saja dengan microwave atau bisa juga digoreng," kata dia.

Penggagas Baba Rafi, Hendy Setiono mengatakan, Baba Rafi awal berdirinya hanya berupa sebuah gerobak dengan jualan kebab Turki di Surabaya pada tahun 2003, namun kemudian dapat berkembang tidak hanya menjangkau wilayah-wilayah di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

"Kami punya 1.000 gerai di Indonesia, 30 oulet di Malaysia, 15 outlet di Filipina, serta akan segera masuk pada tahun 2015 di Singapura, Belanda, Tiongkok, dan Brunei," kata Hendy.

Hendy juga menjelaskan, kalau awalnya Baba Rafi hanya menjual kebab daging, maka kini isinya beragam mulai dari apel, daging ayam, keju cokelat, pisang, aneka buah, dan daging ayam teriyaki setidaknya terdapat tujuh varian yang seluruhnya dapat disajikan dalam keadaan beku.

Selain itu melalui toko online selain kebab, pembeli juga dapat memesan beragam kuliner seperti Bandung Banana (semacam Tokyo Banana), dendeng balado, lapis legit, loenpia Mataram, microsol, petis yudhistira, rendang, sambal roa, teri bajak Medan, ragam sosis dan nuget, jelas Hendy.

Lebih jauh Nilam mengatakan, untuk bertransaksi melalui sistem online juga sangat mudah, pembeli tinggal memilih makanan, memasukan alamat pengiriman, kemudian membayar melalui fasilitas transfer maka makanan dapat segera dikirimkan.

"Sistem pembayaran yang kami bangun sangat aman karena atas nama perusahaan, serta kami jamin kepastian pengiriman barang sampai ke tangan pembeli," ujar dia.

Nilam mengatakan, Baba Rafi juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui sistem agen/ reseller produk beku.

"Cukup dengan modal investasi Rp2,5 juta, agen akan mendapatkan produk Rp1,5 juta, marketing tools berupa sepanduk, flyer, dan x banner seharga Rp500 ribu, mendapatkan harga spesial, serta mendapatkan fee Rp250.000 apabila bisa mengajak agen baru," ujar Nilam.

"Syarat menjadi agen diantaranya harus punya lemari pendingin dua pintu, lokasi jualan minimal satu kilometer dari agen lain, dan paling penting menyukai bisnis," kata Nilam.

Nilam juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan berbisnis dengan sistem waralaba dengan biaya investasi mulai Rp70 juta sampai dengan Rp300 juta (premium).
     

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015