Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, memberikan suntikan vaksin rabies gratis pada hewan peliharaan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia tahun 2022 di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Asep Jatnika, di Tangerang, Rabu, mengatakan bahwa vaksin rabies gratis ini diberikan sebagai langkah pencegahan adanya penularan penyakit rabies pada hewan peliharaan.

Baca juga: Pembangunan "fly over" Cisauk Tangerang Oktober 2022 dimulai

"Penyakit rabies adalah salah satu penyakit strategis dunia yang bersifat zoonosis (menular dari hewan ke manusia) dengan tingkat kematian yang tinggi. Maka pengendalian penyakit rabies yang efektif adalah dengan cara pencegahan melalui vaksinasi rabies," katanya.

Ia menuturkan, vaksinasi rabies di Kabupaten Tangerang telah dilaksanakan secara bertahap, mulai dari tanggal 24 September yang digelar secara on the spot di wilayah Desa Gelam Jaya dan Pet Kingdom Gading Serpong.

"Kemudian, pada tanggal 25 September dilaksanakan di Sport Club Citra Raya dan pada 28 September di Area parkir Gedung Usaha Daerah. Meski besok (29/9) hari terakhir, tapi kami akan melanjutkan vaksinasi rabies gratis ini sepanjang dosis vaksin rabies kita masih tersedia," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini untuk cakupan vaksin rabies di wilayah Kabupaten Tangerang berada di bawah angka 70 persen. Kendati demikian pihaknya akan terus melakukan vaksinasi rabies secara rutin.

"Jadi kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera, dan musang yang belum mendapatkan vaksin rabies, segera datang ke pusat kesehatan hewan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada DPKP Kabupaten Tangerang Hustri Windayani menambahkan, jika pada rangkaian vaksinasi gratis tersebut turut melibatkan stakeholder terkait, di antaranya seperti Dinas Pertanian Provinsi Banten dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Banten.

Ia juga menyebutkan, sejauh ini cakupan vaksinasi rabies telah menyasar 347 hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera, dan musang.

"Untuk syaratnya yang terpenting hewan tersebut berumur di atas 4 bulan dan sehat. Selain itu, hewan tersebut juga sedang tidak hamil," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022