Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena masih banyak ditemukan sampah yang tersangkut di tepian Kali Angke yang bisa menyumbat aliran air dan menjadi penyebab banjir.

"Saya bersama tim menyusuri Kali Angke dari Duren Villa sampai ujung Bendungan Polor, dan ternyata banyak sekali sampah, selain itu ada juga batang-batang pohon yang tumbang menghalangi aliran air sungai," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai menyisir sungai yang berada di Kelurahan Petir perbatasan Kota Tangerang dengan Jakarta Barat, Rabu.

Selain permasalahan sampah, Wali Kota Arief juga menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum untuk menyisir dan petakan tanggul-tanggul yang harus diperbaiki maupun tanggul yang harus dinaikkan ketinggiannya serta berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat.

"Rencananya nanti tanggul-tanggul akan diplester oleh Dinas PU agar air tidak masuk melalui lewat celah -celah tanggul, dan tanggul yang perlu ditinggikan nanti kita tinggikan," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa merapikan Kali Angke dari hulu hingga hilir Kota Tangerang akan menjadi target prioritas Pemkot Tangerang dalam menanggulangi luapan air yang mengakibatkan banjir.

"Untuk menuntaskan masalah banjir ini, perlu melibatkan banyak pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat sekitar," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022