Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang, Banten, memberikan beasiswa pendidikan hingga lulus kepada 45 pelajar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS).

Wakil Ketua Baznas Kota Tangerang Danni Budianto Saragih di Tangerang, Kamis, mengatakan program "Beasiswa Cendikia Baznas" adalah program beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan serta program pembinaan dan pengembangan diri bagi mahasiswa S1 pada PTN dan PTS dari kalangan keluarga berpenghasilan rendah.

Beasiswa diberikan kepada warga Kota Tangerang yang tergolong tak mampu namun memiliki nilai pendidikan bagus. Awalnya ada 55 orang pendaftar, kemudian setelah dilakukan seleksi, terpilih 45 orang.

"Kami berikan beasiswa berupa uang semester dari awal hingga lulus di perguruan tinggi. Harapannya program ini bisa mewujudkan harapan para pelajar untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi," katanya.

Selain itu, beasiswa yang diberikan juga ada lainnya, yakni uang saku maksimal Rp1 juta per bulan. Ia menuturkan pendaftaran program bantuan beasiswa ini sudah disosialisasikan kepada setiap kecamatan untuk mengirim pelajar berprestasi namun tergolong tak mampu.

Baznas bekerja sama dengan kecamatan dan kelurahan untuk melakukan sosialisasi ini sebab program ini bagian upaya memberikan ruang bagi pelajar berprestasi menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

"Dana yang diberikan dalam program ini berasal dari ZIS yang dikelola oleh Baznas dan bisa dipertanggungjawabkan. Ini program rutin yang dilaksanakan Baznas," ujarnya.

Ia mengatakan pelajar yang mendapatkan beasiswa ini telah diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta seperti UIN Syarif Hidayatulla, Untirta, UIN Sunan Gunung Jati, IPB, UMJ, UMT, UNIS, dan UAD.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022