Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Cimenteng Jaya Kecamatan Cibadak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten memberdayakan ekonomi lokal untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran. 

"Kita berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pengalokasian dana desa (DD) untuk memberdayakan ekonomi masyarakat setempat," kata Badrudin, seorang pengelola BUMDes Desa Cimenteng Jaya Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Jumat. 

Pengelolaan BUMDes di desa ini untuk mengembangkan ekonomi padesaan dapat memberikan dampak positif mengatasi kemiskinan dan pengangguran. 

Saat ini, anak-anak remaja lulusan SMA/SMK kebanyakan urbanisasi ke luar daerah untuk mencari pekerjaan.

Karena itu, BUMDes Desa Cimenteng Jaya merintis usaha dengan mengelola wisata permainan air seluas 1.500 meter persegi.

Pengelolaan wisata air itu dialokasikan dana modal penyerta melalui dana desa (DD) setempat sebesar Rp300 juta tahun 2019.

Dana penyerta itu untuk pembangunan sarana dan prasarana wisata air wahana waterboom juga menyediakan balai-balai untuk pengunjung juga kios untuk menampung pedagang.

Pengembangan wisata air tersebut kini baru optimal dibuka kembali usai pandemi COVID-19 karena dua tahun lalu ditutup. 

Pendapatan pengelolaan wisata permainan air hanya  bisa menggaji enam karyawan dan dipastikan akan kembali menyerap tenaga kerja yang banyak menyusul adanya pengembangan baru wisata itu. 

Namun, kehadiran wisata tersebut kini sekitar balasan pelaku UMKM setempat tumbuh dan berkembang, karena banyak wisatawan yang mengunjungi wisata permainan air. 

Karena itu, BUMDes Desa Cimenteng Jaya dipastikan dalam waktu dekat akan melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap pelaku UMKM dengan alokasi DD. 

Sebab, di sini sudah tumbuh usaha aneka kerajinan tangan, produksi dompet, tas, sandal termasuk menjahit. 

"Kami berharap kedepan usaha yang dikelola BUMDes menjadikan desa mandiri juga mampu memberdayakan ekonomi masyarakat," kata Badrudin. 

"Kami berharap dengan adanya wisata air itu dapat melahirkan klaster-klaster ekonomi masyarakat dan mampu mengatasi kemiskinan," katanya.

Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lebak Rifai Artamin mengatakan pihaknya mengapresiasi BUMDes Desa Cimenteng Jaya Cibadak yang mengelola wisata air untuk  menggulirkan ekonomi masyarakat setempat juga menyerap lapangan pekerjaan. 

Saat ini, pengelolaan BUMDes dapat membangkitkan peningkatan ekonomi masyarakat.

Karena itu, dari 340 desa di Kabupaten Lebak sudah berdiri BUMDes tercatat 275 unit dan kini dipastikan kembali normal usai pemerintah membolehkan kegiatan ekonomi.

Mereka pelaku usaha itu di antaranya mengelola bidang aneka kerajinan bambu, batik, kuliner, wisata, perdagangan hingga bergerak di bidang jasa. 

Dengan demikian, perguliran ekonomi masyarakat menjadi lebih baik dengan tumbuhnya BUMDes tersebut. 

"Kami mendorong BUMDes menjadi lokomotif ekonomi padesaan dan mampu mengatasi kemiskinan dan pengangguran," katanya menjelaskan. 

 



 

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022