Puskesmas Tanah Tinggi Kota Tangerang, Banten membuka layanan imunisasi hingga malam hari sebagai upaya mengoptimalkan capaian Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di daerah itu.

Kepala Puskesmas Tanah Tinggi dr Fery Ferdiansyah di Tangerang, Selasa, mengatakan posko layanan imunisasi di puskesmas dibuka setiap hari, mulai pagi hingga malam hari.

Pada hari Senin hingga Sabtu, layanan buka mulai pukul 08.00 hingga 11.30 WIB, kemudian layanan berlanjut pada sore hingga malam hari, pukul 15.30 hingga 20.00 WIB.

“Dengan segala layanan yang sudah dihadirkan, ayo ayah bunda yang memiliki anak sembilan hingga 59 bulan untuk segera anaknya mengikuti imunisasi MR dan 12 hingga 59 bulan untuk mengikuti imunisasi kejar OPV, IPV dan DPTHBHIB. Persyaratannya, membawa kartu keluarga dan membawa buku imunisasi atau buku pink,” katanya dalam keterangannya.

Puskesmas Tanah Tinggi juga menyediakan BIAN Mobile yang merupakan salah satu cara untuk memudahkan orang tua yang sibuk dan belum sempat membawa anaknya imunisasi.

Puskesmas Tanah Tinggi menyediakan BIAN Mobile melalui WhatsApp di nomor 0878-8672-0372. Layanan ini untuk orang tua melakukan perjanjian kunjungan BIAN di wilayah Puskesmas Tanah Tinggi.

“Caranya, daftarkan anak melalui WhatsApp, isi data diri alamat dan usia anak serta isi tanggal dan tempat kunjungan. Selanjutnya, petugas puskesmas akan melakukan kunjungan ke rumah yang bersangkutan dengan waktu yang sudah disepakati. Pastinya, layanan ini hanya untuk orangtua atau warga di wilayah Puskesmas Tanah Tinggi saja,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini mengatakan berbagai inovasi dan terobosan terus dilakukan dalam mengoptimalkan capaian imunisasi program BIAN.

Dirinya berharap para orang tua bisa membawa anak-anaknya ke puskesmas atau menghubungi tenaga kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi program BIAN.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022