Serang (AntaraBanten) - Pemerintah Provinsi Banten melakukan pembenahan birokrasi dengan melakukan rotasi sebanyak 474 pejabat eselon III dan IV termasuk beberapa diantaranya promosi, di puluhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Banten.


Pelantikan para pejabat eseleon III dan IV tersebut dipimpin langsung Pelaksa Tugas Gubernur Banten Rano Karno, di halaman parkir Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten  (KP3B) di Serang, Selasa.

Adapun pejabat yang dilantik tersebut sebanyak 137 pejabat administrator setingkat eselon III dan 337 pejabat pengawas setingkat eselon IV di sejumlah SKPD di Banten, termasuk pejabatv di BPOM.

Plt Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, pelantikan ini sebagai upaya dalam membenahi birokrasi di Banten untuk mewujudkan harapan masyarakat Banten dalam mencapai kesejahteraan. Pelantikan tersebut juga didasarkan pada evaluasi kinerja dan tentunya memenuhi syarat normatif dan prinsip penempatan yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya.

"Saya minta kepada pejabat yang baru saja dilantik untuk secepatnya beradaptasi dan sigap menyusun strategi untuk melaksanakan tujuan organisasi, Jangan berleha-leha dan siap untuk melayani masyarakat," kata Rano Karno dalam sambutannya.

Ia juga meminta para pejabat untuk berintrospeksi diri, apa yang telah dikontribusikan bagi masyarakat Banten, apakah sudah sebanding  sesuatu yang telah dikonribusikan tersebut dengan harapan masyarakat Banten.

"Mulai sekarang niatkan dengan ikhlas untuk melayani masyarakat Banten, mewujudkan birokrasi yang bersih dan berorientasi pada harapan masyarakat. Mulai hari ini gerbong pembawa misi harus dikembalikan kepada rel-nya, sebagaimana tertuang dalam memorandum cita-cita pembentukan Provinsi Banten,"kata Rano Karno.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur Banten Rano Karno juga menuntut kerja keras para birokrast di Provinsi Banten untuk membantu  saya menuntut ketrja keras membantu dalam mewujudkan birokrasi di Banten yang bersih dalam bingkai Iman dan Taqwa serta jauh dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

"Saya optimis kita mampu menjadi aparatur yang melayani karena jabatan adalah amanah,"kata Rano. Usai dilantik, secara simbolis perwakilan pejabat eselon III dan IV tersebut menandatangani fakta integritas.

Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Provinis Banten Cepi Safrul Alam mengatakan, dari 474 pejabat yang dilantik tersebut ada beberapa orang pejabat yang promosi dari eselon IV ke eselon III dan juga dari staf ke eselon IV. Namun sebagian besar diantaranya merupakan rotasi diantara sejumlah SKPD.

"Saya kira rotasi ini sudah disesuaikan dengan kemampuan, kinerja dan pengalaman serta paling utama mempertimbangkan kepangkatan dan golongannya,"kata Cepi.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015