Tangerang (Antara News) - Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) jurusan Desain Grafis menggelar pameran foto menggabungkan fashion dan kuliner bertajuk "Fashionable Food-O-Graphy bertempat di Mal @ Alam Sutera Serpong Kota Tangerang tanggal 21 Januari - 25 Januari 2015.


"Pemotretan semacam ini bukanlah perkara mudah. Tantangannya cukup tinggi karena harus menjadikan makanan sebagai baju sekaligus memastikan makanan tersebut tidak mubazir. Selain itu, hasil foto yang dihasilkan harus menunjukkan bahwa makanan tersebut enak meskipun tidak disajikan seperti lazimnya foto kuliner pada umumnya," kata Rezky Gautama, koordinator penyelenggara Pameran Fotografi Fashionable Food-O-Graphy dan dosen mata kuliah Fotografi Terapan UMN di lokasi pameran, Rabu.

Peserta merupakan mahasiswa semester 3 yang memang baru terjun ke dunia fotografi dan lighting (penerangan) sehingga memang termasuk sulit bagi mereka, tetapi dengan bimbingan mereka dapat melaksanakan pameran dengan baik, jelas Rezky.

Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan, setelah sSebelumnya mahasiswa jurusan Cinematography UMN sukses menjadi nominator di berbagai festival dan lomba film di tingkat nasional dan internasional.

Pameran ini berupaya menggabungkan antara estetika fashion dan nikmatnya dunia kuliner ke dalam satu frame foto sebanyak  kurang lebih 70 karya mahasiswa dipamerkan.

Fashion dan kuliner acap kali dianggap dua hal yang tidak dapat disatukan karena begitu berbeda. Model yang cantik dengan segala pernak-pernik masakan bukanlah kombinasi yang sering disajikan, namun di tangan mahasiswa-mahasiswa DKV UMN makanan yang biasa ditata sedemikian apik di atas meja beralih menjadi wardrobe model.

Mereka dituntut untuk selain dapat menyajikan foto makanan yang menggugah selera namun juga cantik dan elegan waktu dikenakan model.

Pameran fotografi Fashionable Food-O-Graphy merupakan pameran konseptual yang pertama kali diadakan oleh mahasiswa DKV (Desain Komunikasi Visual) UMN di luar lokasi kampus.

Menurut Rezky, selain untuk mengenalkan pada masyarakat bahwa fotografi fashion tak hanya dari kain saja tetapi bisa juga dari bahan lain seperti makanan, pameran ini juga menjadi tugas akhir Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Fotografi Terapan.

Ia juga berharap ke depannya, pameran-pameran yang mengusung konsep unik lainnya akan semakin sering digagas oleh mahasiswa DKV UMN. 

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015