Sebanyak 174 siswa sekolah dasar (SD) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Syaifullah mengatakan bahwa perlombaan dalam olimpiade sains tingkat kabupaten mencakup mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Baca juga: Bupati Ahmed Zaki minta RSUD Tangerang tingkatkan pelayanan kesehatan

"Ini merupakan agenda rutin dari Kemendikbudristek RI. Alhamdulillah bisa dilaksanakan secara luring atau tatap muka dan tentunya tidak lupa selalu menerapkan protokol kesehatan," kata Syaifullah.

Ia menjelaskan bahwa peserta OSN tingkat Kabupaten Tangerang telah melalui seleksi di tingkat sekolah sampai tingkat kecamatan. 

"Jadi, peserta di sini adalah hasil dari seleksi tingkat kecamatan. Dari hasil seleksi tersebut, pihak kecamatan mengirimkan tiga putra dan tiga putri untuk di lombakan pada hari ini," katanya.

Ia menambahkan, OSN tingkat kabupaten ditujukan untuk memilih tiga peserta yang akan diutus untuk mengikuti kompetisi sains di tingkat nasional.

"Untuk SMP juga sama mekanismenya, tetapi kami sedang siapkan untuk lomba tingkat SMP dan bukan hanya IPA dan Matematika saja, mungkin ada fisika dan lainnya. Mudah-mudahan tahun ini kita juga akan laksanakan untuk tingkat SMP," katanya.

Ia mengatakan bahwa OSN merupakan bagian dari upaya untuk menemukan siswa yang berprestasi dalam bidang sains.

"Ajang kompetisi ini untuk memperlihatkan bahwa anak-anak di Kabupaten Tangerang masih mampu dan bisa mengikuti perlombaan, meski sudah dua tahun tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah akibat pandemi COVID-19," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022