PT Jasa Raharja memastikan bahwa armada yang digunakan untuk mudik gratis 2022 kementerian perhubungan (Kemenhub) sudah membayar Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU).

Kepastian itu disampaikan Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Tangerang Cabang Banten Khawarid Pasaribu, SH saat menghadiri pelepasan Mudik Aman dan Mudik Sehat 1443 H Tahun 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan. 

Acara yang dilaksanakan di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang menggunakan 80 armada bus dengan total peserta mudik sebanyak 3.000 orang dilepas oleh Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah.

"Tujuan kota antara lain adalah Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo dan lainnya. Armada bus sudah dilakukan pengecekan masa laku Iuran Wajib Kendaraan bermotor Umum," kata Khawarid.

Menyusul kebijakan pemerintah yang mengijinkan mudik melalui instruksi Presiden Joko Widodo pada Rabu 23/03/2022, bahwa masyarakat diperbolehkan mudik lebaran 2022 dengan syarat – syarat tertentu, diantaranya sudah memperoleh vaksin lengkap/booster.

Untuk pemudik yang baru mendapatkan dosis kedua diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1x24 jam atau PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan. Agar mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 di tempat tujuan.

Izin mudik Lebaran yang diberikan pemerintah jelas disambut dengan antusiasme tinggi warga masyarakat. Berdasarkan data dari hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Beberapa lembaga atau instansi, Kementerian Perhubungan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga lembaga swasta lainnya berupaya membantu serta memfasilitasi masyarakat yang hendak mudik dengan menggelar program “MUDIK AMAN MUDIK SEHAT 2022”.

Bersamaan dengan ini, Khawarid mewakili Jasa Raharja mengucapkan "selamat melakukan perjalanan mudik, semoga perjalanan dapat terlaksana dengan nyaman, aman dan pemudik dapat sampai dengan selamat sampai tujuan".
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022