Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menyiagakan tiga rumah sakit umum daerah (RSUD) di daerah itu sebagai upaya pemberian pelayanan kesehatan selama masa Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Selasa mengatakan, penyiagaan tiga rumah sakit tersebut ditujukan sebagai kesiapan dalam memberikan pelayanan saat Lebaran nanti.

Baca juga: Sebanyak 37 titik ruas jalur mudik di Kabupaten Tangerang telah diperbaiki

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi bagi masyarakat kita," katanya.

Adapun rumah sakit yang disiagakan oleh Pemkab Tangerang meliputi RSUD Balaraja RSUD Pakuhaji dan RSU Kabupaten Tangerang yang ada di Kota Tangerang.
Menurutnya, dari ketiga RS tersebut nantinya bisa dipergunakan menjadi salah satu referensi untuk masyarakat yang akan melakukan perawatan.

"Selain itu, nanti pelayanan di tiga RS ini bisa dijadikan contoh pembangunan RSUD di Tigaraksa, bukan saja dari segi peralatan dan infrastrukturnya tetapi juga landscape-nya," ujarnya.

Ia mengungkapkan, jika pihaknya kini telah berencana akan membangun rumah sakit baru di wilayah Tigaraksa dengan luasannya kurang lebih sekitar 11 hektare dengan sejumlah fasilitas penunjang yang mumpuni.

"Nanti kita juga akan memiliki water pond atau tandon air sebagai kontrol air, yang bukan hanya untuk RSUD Tigaraksa namun juga bak kontrol bagi saluran anak-anak sungai di sekitar RSUD Tigaraksa," tambahnya.

Ia menjelaskan, dari rencana pembangunan RS baru itu, tidak hanya dibutuhkan ruang perawatan. Akan tetapi nantinya dilengkapi beberapa bangunan lapangan parkir dan fasilitas lainnya seperti Mushola dan sebagainya.

"Ini sangat penting karena tujuan pembangunan rumah sakit umum di Tigaraksa itu adalah rumah sakit dengan tipe A," tutur dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022