Balai Pengelola Transportasi Darat  (BPTD) Wilayah 8 Provinsi Banten menggelar ram cek atau pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat kendaraan secara random untuk beberapa bus yang ada di Terminal tipe A Pakupatan, Serang, Banten, Kamis (14/4/2022).

Bidang Administrasi Perkantoran BPTD Banten Hasan Basri menyatakan, ram cek dilakukan guna  memastikan kelaikan bus yang beroperasi melayani angkutan masyarakat.

Baca juga: Pemprov Banten Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI

"Dalam pemeriksaan, petugas melakukan pemeriksaan secara random. Sehingga tidak semua bus dilakukan pemeriksaan ram cek oleh petugas," katanya.

Dari pelaksanaan ram cek yang sudah dilakukan, BPTD mengklaim 92 persen sudah laik jalan, dan kegiatan ini masih terus dijalankan.

Dikatakan Hasan Basri, dalam pelaksanaan pemeriksaan kelaikan bus di Terminal Tipe A Pakupatan ada beberapa poin yang diperiksa, diantaranya pemeriksaan sistem kemudi, memastikan sistem kemudi dalam kondisi baik. Selain itu juga pemeriksaan sistem rem dan ban bus tersebut.

"Yang paling penting itu sistem kemudinya sistem remnya, itu yang paling nyata, tapi untuk penguji ada trik-triknya sendiri untuk mengetahui kondisi kelaikan bus itu," ucapnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan ram cek, bus-bus yang lolos atau laik jalan akan di tempeli stiker. Artinya masyarakat yang ingin mudik dapat melihat stiker yang tertempel di depan kaca depan bus.

"Jika stiker ditemukan sudah dipastikan lain jalan, atau kondisi bus dalam keadaan baik," terangnya.

Pewarta: weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022