Pemerintah Kota Tangerang Banten dalam waktu dekat melakukan normalisasi Kali Sabi untuk mengantisipasi bencana banjir yang menyebabkan sejumlah pemukiman warga terendam dan arus lalu lintas terhambat.

"Untuk Kali Sabi mutlak harus dilakukan normalisasi. Dinas PUPR akan melakukan langkah antisipasi banjir serta genangan jika terjadi hujan," kata Wali Kota Arief usai meninjau Kali Sabi di Cibodas, Rabu.

Baca juga: BPBD Kota Tangerang jelaskan ada17 wilayah terdampak banjir

Pada hari Selasa (5/4) terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Tangerang Raya. BPBD Kota Tangerang mencatat ada 17 wilayah yang terdampak banjir.

Wali Kota juga meminta kepada Dinas PUPR untuk melakukan pemeriksaan pompa agar bisa digunakan ketika terjadi genangan maupun luapan dari Kali/Sungai/

"Serta lakukan perbaikan dan upgrade apabila tanggul ada yang rembes atau kurang tinggi untuk mencegah air tidak meluap," kata Arief didampingi kepala Dinas PUPR Ruta Ireng.

Selain itu, Wali Kota Arief juga meninjau embung di Perumahan Cimone Mas Permai. Dinas PUPR akan melakukan pengerukan agar bisa menampung air lebih maksimal.

"Termasuk saluran air Cisarung juga akan kami normalisasi, alatnya sedang dipersiapkan," ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Ruta Ireng mengatakan petugas langsung melakukan pembersihan saluran yang menyebabkan terjadinya genangan. Begitu juga dengan pembersihan sampah di kali (sungai) yang menghambat laju air.

"Kita langsung bergerak melakukan penanganan titik yang jadi prioritas dalam antisipasi terjadinya hujan dengan intensitas tinggi," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022