Pandeglang (AntaraBanten) - Bupati Pandeglang, Banten, Erwan Kurtubi menyatakan investasi pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di daerah itu mencapai Rp78 triliun.

"Memang besar sekali nilai investasinya, makanya nanti di kawasan KEK tersebut akan menjadi lokasi pariwisata yang sangat bagus lengkap dengan berbagai sarana dan prasarana modern," katanya di Pandeglang, Minggu.

Bupati menyatakan optimistis jika KEK sudah terbentuk akan mendorong kemajuan perekonomian di Kabupaten Pandeglang khususnya dan Provinsi Banten secara umum.

"Akan banyak wisatawan, baik lokal, domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke lokasi itu, maka secara otomatis perekonomian kita akan berkembang," ujarnya.

KEK pariwisata akan dibangun di kawasan wisata Pantai Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Kawasan ekonomi khusus pariwisata tersebut meliputi Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang. Nantinya, kawasan wisata Tanjung Lesung dijadikan `master design` pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti Venesia, Italia.

Menurut dia, kawasan Tanjung Lesung merupakan objek wisata andalan Provinsi Banten, di samping objek wisata lainnya seperti Pantai Carita.

Kawasan ini, kata dia, bahkan memiliki 'culture heritage' karena lokasinya dekat dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Umang.

"Kawasan itu akan dibangun di area seluas 1.300 hektare, di dalamnya akan dibangun berbagai sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan, termasuk hotel dengan berbagai kelas, Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata dan sarana pendukung lainnya," katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah pusat juga akan membangun Bandara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang dan jalan tol Serang-Pandeglang.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah Provinsi Banten juga sedang membangun jalan dari Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang sampai Kecamatan Malingpung, Kabupaten Lebak sepanjang 68 kilometer.

Jalan tersebut memiliki kualitas sama dengan jalan tol dengan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp322,15 miliar, dan ini juga untuk mendukung KEK pariwisata.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014