Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Banten melaporkan terjangan angin kencang dan hujan deras menyebabkan puluhan rumah rusak di lingkungan Perumahan Flamboyan Garden 2, Desa Munjul, Kecamatan Solear, Rabu (16/3).

"Jumlah rumah yang rusak akibat angin kencang yang disertai hujan sebanyak 26 rumah. Semuanya rusak sedang terutama atap rumah yang rusak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir di Tangerang, Kamis.

Ia menjelaskan angin kencang disertai hujan tersebut terjadi pada pukul 14.30 WIB. Akibatnya, 26 rumah warga setempat mengalami kerusakan pada bagian atapnya.

Sebagai upaya penanganan darurat, BPBD Kabupaten Tangerang telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk pemerintah setempat.

Selain itu, tim reaksi cepat (TRC) telah melakukan asesmen dan membantu proses penanganan puing serta kerusakan lain yang disebabkan oleh fenomena alam tersebut.

"BPBD Kabupaten Tangerang akan memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak berupa sarden, air mineral, kecap manis, susu kental manis, dan paket sembako," ujarnya.

Pihaknya juga akan menerjunkan tim rehabilitasi dan rekonstruksi untuk membantu warga yang menjadi korban bencana dalam memulihkan kembali tempat tinggalnya.

"Rencana besok hari Jumat (18/3), tim kami dari bidang rehabilitasi dan rekonstruksi akan memberikan langsung bantuan logistik kepada warga yang terdampak," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022