Serang (AntaraBanten) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno melakukan inspeksi mendadak (Sidak) para pegawai di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Rabu.

Inspeksi mendadak yang dilakukan Plt Gubernur Banten tersebut untuk memantau secara langsung kinerja PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, pada awal puasa Ramadhan.

"Sidak bertujuan mengetahui kinerja PNS secara langsung selama bulan puasa Ramadhan ini," kata Rano Karno.

Sidak yang dilaksanakan setelah apel pagi PNS tersebut, di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, diantaranya Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (DPPKD), Biro Humas dan Protokol, Biro Perlengkapan dan Aset serta Biro Umum pada Setda Provinsi Banten.

Rano mengatakan, selama ini, ia mendengar informasi bahwa kinerja PNS selama bulan puasa Ramadhan menurun. Sehingga untuk mengetahui secara langsung memantau kinerja PNS tersebut dilakukan inspeksi mendadak.

Menurut Rano, hasil pemantauan di sejumlah SKPD, kinerja PNS tidak menurun selama bulan puasa. Semua aktivitas dan pelayanan berjalan seperti biasa, meskipun ia mengakui ada beberapa PNS yang datang kesiangan atau terlambat.

"Kalau ada yang terlambat atau melanggar disiplin, kita akan berikan sanksi sesuai mekanisme yang berlaku terhadap PNS," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan  Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten, Wahyu Wardhana mengatakan, dalam sidaknya Plt Gubernur menanyakan tentang kinerja pegawai, pelayanan DPPKD terhadap SKPD lainnya, serta penanganan arsip.

Menurut Wahyu, kinerja pegawai DPPKD Provinsi Banten tidak mengalami penurunan selama bulan puasa Ramadhan, pelayanan kepada SKPD berjalan seperti biasa dan tidak ada gangguan.

"Pelayanan tetap berjalan seperti biasa, tidak ada penurunan atau kendala," kata Wahyu.

Sebelumnya Kepala BKD Banten Kurdi Matin meminta para PNS di Banten untuk tetap meningkatkan kinerja dan menjaga disiplin pegawai selama Bulan Ramadhan. Selain itu, pihaknya juga meminta para PNS untuk datang sesuai jadwal yang telah ditentukan berkaitan dengan perubahan jadwal masuk dan pulang PNS selama Ramadhan.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014