Dalam rangka mensosialisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menggelar APBN week. Turut serta dalam gelaran tersebut, Kanwil DJBC Banten, KPPBC TMP Merak, dan KPPBC TMP A Tangerang sepakat bersinergi menyelenggarakan Customs Goes To School dengan menyasar Siswa siswi SMA/SMK/MA di  Provinsi Banten.

Kegiatan APBN Week dilaksanakan secara serentak oleh Bea Cukai di seluruh Indonesia dalam 1 pekan yaitu dari tanggal 21 s.d 25 Februari 2022 yang kegiatan ini disebut dengan APBN Week. Dan kali ini Kantor Wilayah DJBC Banten bersama dengan KPPBC TMP Merak dan KPPBC TMP A Tangerang melaksanakan kegiatan menggunakan Media Zoom Meeting yang diikuti sekitar 42 sekolah dan dihadiri sekitar 600 siswa di sekitar Provinsi Banten.

Baca juga: Kanwil Bea Cukai koordinasi dengan Pemprov Banten dalam optimalisasi DBHCHT

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio pada saat membuka acara menyampaikan pentingnya penyelenggaraan APBN Week ini dalam menyasar siswa siswi SMA/SMK/MA dan sederajat, “Kegiatan ini tentunya bertujuan positif guna mengedukasi masyarakat luas, khususnya disini adalah generasi muda penerus bangsa agar dapat memiliki pemahaman mengenai sumber pendapatan negara, pengelolaan keuangan negara, alokasi dan distribusi, serta pertanggung jawaban dari APBN” Ujar Rahmat Subagio.
Tangkapal layar Customs Goes To School dalam rangka sosialisasi APBN. (Foto Antara/Bea Cukai)


Sebagai perwujudan Kemenkeu Satu, Bea Cukai Banten juga menggandeng Kantor Wilayah DJPb Provinsi Banten sebagai bukti sinergi dimana diwakili Astriyani selaku Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kantor Wilayah DJPb Banten. Narasumber yang mewakili Bea Cukai antara lain: Krisna Wardhana selaku Kepala Seksi Perbendaharaan KPPBC TMP Merak, dan Robert Marudut Selaku Kepala Seksi Penerimaan dan Pengelolaan Data Kanwil DJBC Banten.

Para narasumber mengupas tuntas mengenai APBN serta hubungan antara Bea Cukai dengan APBN. Selain itu rasa penasaran dan antusias para siswa mengenai APBN juga terjawab pada sesi tanya jawab antara siswa dan narasumber setelah pemaparan materi.

Pada Customs Goes To School kali ini juga disampaikan pengenalan mengenai PKN STAN, baik terkait profil mengenai PKN STAN maupun tips-tips PKN STAN kepada siswa-siswa yang berminat untuk masuk kesekolah kedinasan ini.

Bea Cukai Banten tidak akan pernah bosan dalam menyebarkan informasi positif kepada masyarakat khususnya wilayah Provinsi Banten. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif kepada generasi muda di Provinsi Banten, khususnya dalam hal pemahaman mengenai APBN dan juga mengenai Bea Cukai itu sendiri.

Pewarta: weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022