Serang (AntaraBanten) - Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), mengembangkan sejumlah desa inovatif dalam upaya mendukung Sistem Inovasi Daerah (SIDa). 

"Ada tiga fokus sistem inovasi daerah di Banten yakni pengembangan pusat unggulan iptek, pengembangan inovasi UMKM dan pengembangan desa inovatif," kata Kepala Balitbangda Banten M Ali Fadilah di sela-sela Peningkatan Kualitas SDM Aparatur Pedesaan Untuk Pengelolaan Manajemen Desa Inovatif, di Cilegon, Rabu.

Ali mengatakan, pengembangan desa inovatif adalah sebuah terobosan untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya alam di desa setempat.

Menurut dia, dari sejumlah desa inovatif tersebut salah satu diantaranya yang sudah diluncurkan adalah desa yang fokus dalam pengembangan ternak domba di Kabuten Pandeglang yakni Desa Juhut.

"Kampung Domba Juhut itu kami menyebutnya 'Saba Juhut' yakni Sentra Agribisnis Budidaya Domba Juhut," kata Ali Fadilah didampingi Kepala Sub Bidang Sosial Budaya Balitbangda Banten H. Alferia.

Menurut Ali, ada tiga fokus dalam pengembangan sistem inovasi daerah di Banten yakni pengembangan desa inovatif, pusat pengembangan inovasi UMKM skala provinsi dan kabupaten/kota serta pusat unggulan iptek. Desa inovatif untuk menggali potensi desa yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA), pengembangan Sida dan mendukung MP3EI serta Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa.

"Desa harus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekonomi yang produktif dan berdaya saing dengan memanfaatkan teknologi tepat guna," kata Ali.

Ia mengatakan, saat ini ada delapan desa yang akan difokuskan untuk menjadi desa inovasi yakni sentra ternak domba di Desa Juhut Pandeglang, Desa Kalang Anyar sentra madu Trigona (Teuweul) di Pandeglang, Desa Cihara sentra budidaya madu manivera, Desa Bandung sentra anyaman Pandan, Desa Seuat sentra pengrajin golok di Kec Petir Kabupaten Serang, Desa Talaga Warna sentra minyak atsiri di Kecamatan Pabuaran, Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas sebagai sentra Gerabah, Desa Sambilawang sebagai sentra Golden Melon di Kecamatan Waringin Kurung Kab Serang.

Peningkatan kualitas SDM aparatur pedesaan untuk pengelolaan manajemen desa inovatif yang dilaksanakan Balitbangda Banten  menghadirkan nara sumber Direktur Peningkatan Sistem Inovasi di Daerah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dr Derry Pantjadarma, Tim Kemenristek, Kemendagri, Kepala Balitbangda Banten dan praktisi UMKM Nasional.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2014