Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Provinsi Banten mencatat 12.238 orang telah divaksin penguat selama satu pekan terakhir, sejak kegiatan itu digelar mulai Rabu (12/1).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Dini Anggraeni dalam keterangan di Tangerang, Rabu, mengatakan warga yang sudah vaksin penguat adalah 6.742 lansia, 669 masyarakat rentan, dan 4.917 tenaga publik.

Baca juga: 350 KK di Kabupaten Tangerang terendam banjir akibat luapan sungai

"Untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi, sejumlah puskesmas juga telah menurunkan tim vaksinasi 'door to door' ke satu dua wilayah yang cukup banyak lansianya sehingga mempercepat, memudahkan, dan menambah rasa nyaman para orang tua kita mengikuti vaksinasi dosis tiga ini," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini vaksinasi dilakukan tanpa henti, mulai dari gerai vaksinasi di 38 puskesmas, 104 kelurahan, pusat keramaian, sedangklan saat ini di pusat pemerintahan Kota Tangerang untuk kategori petugas pelayanan publik.

Ia menjelaskan perluasan vaksinasi penguat tak akan menutup kemungkinan akan terus ditingkatkan demi percepatan capaian target vaksinasi penguat di daerah itu.

Namun, kata dia, semua disesuaikan dengan ketersediaan vaksin, logistik, dan tenaga kesehatan.

"Semoga bisa segera diperluas, semakin banyak yang divaksin, semakin baik. Terlebih, saat ini terjadi penambahan kasus COVID-19," katanya.

Ia mengatakan semangat pelaksanaan vaksinasi penguat harus diiringi dengan antusiasme masyarakat.

"Ayo segera dosis lengkap, agar bisa segera lanjut 'booster' (penguat). Yang sudah lengkap pantau terus informasi terkait jadwal vaksin dan segera divaksin diberbagai gerai yang disediakan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022