Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten melalui Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pemakaman mulai memperbaharui fasilitas sarana dan prasarana penunjang tempat pemakaman khusus COVID-19 di TPU Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Perumahan, Pemakaman, dan Pemakaman, Iwan Firmansyah di Tangerang, Senin mengatakan sejumlah sarana dan prasarana di TPU khusus pemakaman pasien COVID-19 tersebut saat ini sudah mulai diperbaharui dan dibangun.

Baca juga: BPBD Kabupaten Tangerang catat tiga rumah rusak dampak gempa magnitudo 6,6

Mulai dari perbaikan akses jalan pintu masuk, rehab gedung atau kantor bagi petugas pemakam, musholla, dan menata taman terbuka hijau untuk para pengunjung.

"Tujuannya adalah untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung yang datang ke TPU Buniayu. Kepala Dinas Perkim juga akan menambahkan, beberapa fasilitas penunjang lainnya," ucapnya.

Ia menyampaikan, sesuai dengan arahan dari Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bahwa pihaknya ditugaskan untuk segera melengkapi fasilitas sarana dan prasarana yang ada di TPU Buniayu itu untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan terbaik bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanahan dan Pemakaman Pada Dinas Perkim Kabupaten Tangerang Dadan Darmawan menambahkan, untuk anggaran tahun 2021sampai akhir di bulan Desember telah dilaksanakan penataan dan pembangunan.

"Di awal bulan Maret tahun 2020 sampai dengan 2021 jumlah total yang di makamkan di TPU Buniayu ada 1521 jenazah COVID-19, dan Alhamdulilah untuk di bulan Oktober 2021 sampai dengan Januari 2022 tahun ini, tidak ada yang di makamkan di TPU Buniayu akibat COVID-19," katanya.

Ia mengungkapkan, untuk saat ini akses jalan sudah memadai dan ditata, seperti daerah parkir mobil/motor yang sudah di sediakan, dan bahkan bilamana ada peziarah yang datang malam hari, kami juga sudah menyiapkan sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) di semua titik penjuru, agar malam hari terlihat lebih terang.

"Pastinya kedepannya kami akan terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan pada tahun 2022 ini, kami juga akan melakukan pemagaran makam," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022