PT Jasa Raharja Cabang Banten bersama Dishub Kota Serang menggelar sosialisasi Asuransi Keselamatan Penumpang Umum kepada pengusaha angkutan umum baik angkot dan PO se-Kota Serang, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pemilik dan pengendara angkot dan PO tentang program asuransi sosial yang dikelola PT Jasa Raharja yaitu program asuransi kecelakaan penumpang angkutan umum dan program asuransi dana kecelakaan lalu lintas jalan, kata Kasubag SW dan Humas PT Jasa Raharja Cabang Banten Romy Agus Widjaja.

Romy mewakili Kepala Jasa Raharja Cabang Banten Dodi Apriansyah mengatakan bahwa sosialisasi tersebut penting diedukasi kepada pengusaha angkutan umum mengingat keselamatan penumpang beserta perlindungan terhadap jiwanya perlu mereka perhatikan.

“Kami juga sampaikan kepada pengusaha angkutan umum tentang tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja sebagai pelaksana undang-undang, dan apa pula hak dan kewajiban para pengusaha/pengelola angkutan umum dan penumpang,” katanya.

Menurut Romy, Jasa Raharja selalu memberikan perlindungan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalulintas, dengan memberikan santunan bila meninggal dunia, dan pengobatan bila mengalami luka-luka.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Serang Heri Hadi mengapresiasi kegiatan sosialisasi tentang asuransi keselamatan penumpang umum yang diselenggarakan Jasa Raharja Cabang Banten tersebut, karena dapat memberikan kepercayaan kepada pengendara angkutan umum tentang pentingnya keselamatan atas diri penumpang meski ada asuransi yang menjaminnya.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dishub Kota Serang Sukanta menyampaikan materi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan perlunya memperhatikan keselamatan jiwa penumpang, antara lain dengan selalu memperhatikan dan mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat.

Kasus kecelakaan yang akhir-akhir ini terjadi yang dialami bus selain sopir membawa kendaraan dalam keadaan ngantuk, juga kondisi bus seperti pecah ban, sehingga kecelakaan pun tak bisa dihindari, kata Sukanta.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021