Kepolisian Daerah (Polda) Banten beserta para pemangku kepentingan terkait memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak yang terdampak pandemi COVID-19 di wilayah Kabupaten Tangerang, Selasa.

Dalam pelaksanaan pemberian dukungan psikososial di wilayah Kecamatan Cisoka tersebut dihadiri oleh Kapolda Banten Irjen Pol Rudi Heriyanto Adi Nugroho didampingi Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro.

Baca juga: BPBD Banten minta warga tingkatkan kesiapsiagaan untuk hadapi bencana

Kabag Psikologi Polda Banten AKBP Rumekso menjelaskan bahwa kegiatan dukungan psikososial itu perlu dilakukan untuk membantu proses tumbuh kembangnya anak guna sehingga dapat melanjutkan kehidupan yang layak.

"Jadi dalam kegiatan kami lebih mendekatkan mereka dengan mengajak bermain dan kami bagi-bagi sarana kontak, seperti hadiah dan lain sebagainya," katanya.

Menurutnya, selama masa pandemi COVID-19 banyak anak-anak yang terdampak, mulai dari kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya, kehilangan masa belajar dan kehilangan masa bermain. Sehingga hal itu berpengaruh terhadap kondisi psikisnya.

"Mereka (anak) selama pandemi ini kan kehilangan masa belajarnya, Kemudian dengan adanya bantuan psikososial ini mereka mendapat pengalaman baru yang mungkin selama ini mereka belum dapat," ujarnya.

Ia menyebutkan, kegiatan pemberian dukungan psikososial ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Polri di Indonesia, dengan tingkat nasional dipusatkan di Lemdiklat Polri, Jakarta Selatan.

"Hari ini secara serentak di 34 polda dengan dipusatkan di Mabes Polri Jakarta," tuturnya.

Ia juga berharap, ke depan kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan guna memberikan sikap kepedulian terhadap anak di Indonesia, dan diharapkan program ini juga bisa menjadi pemicu untuk instansi lainnya dalam membangun kepedulian terhadap anak.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa terus lakukan kegiatan ini, karena salah satunya, selain memberikan dukungan psikologis juga dapat memicu untuk instansi lainnya juga menunjukkan kepedulian kepada anak," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2021