Pandeglang,  (Antara Banten) - Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang menjadi lokasi proyek peningkatan kesejahteraan nelayan yang dilaksanakan lintas kementerian di bawah koordinasi Kementerian Kelauatan dan Perikanan.

"Ada 11 kementerian yang terlibat dalam proyek peningkatan kesejahteraan nelayan (PKN) ini, diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Kesehatan dengan 'leading sector' KKP," kata Sekretaris Dinas Keluatan dan Perikanan Kabupaten Pandeglang Bedjo di Pandeglang, Kamis.

Setiap kementerian, kata dia, akan melaksanakan pekerjaan sesuai bidangnya. Misalnya Kementerian Pekerjaan Umum mengurusi pembangunan infrastruktur diantaranya jalan dan Kementrian Kesehatan masalah kesehatan para nelayan setempat serta keluarganya.

Guna suksesnya program tersebut, kata dia, pemerintah Kabuupaten Pandeglang telah membentuk tim kelompok kerja (pokja) yang anggotanya para kepala dinas/instansi terkait.
 
"Pada tingkat daerah juga sama, yakni semua dinas/instansi terlibat dalam proyek tersebut, dan yang
menjadi 'leading sector' Dinas Keluatan dan Perikanan, dan sebagai pelaksana lapangan Kepala Bidang Kelautan," ujarnya.

PKN, kata dia, merupakan program yang diluncurkan 2013, dan saat ini masih dalam proses persiapan, namun beberapa tim dari kementerian sudah mulai turun ke lapangan.

"Belum lama ini ada tim dari Kementerian Kesehatan ke lokasi. Mereka menangani kesehatan nelayan dan keluarganya serta kesehatan lingkungan," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, sangat mendukung program yang digulirkan pemerintah pusat tersebut, dan diharapkan bisa mempercepat upaya menyejahterakan para nelayan setempat.

Di Kabupaten Pandeglang, lanjut dia, cukup banyak warga yang bekerja sebagai nelayan, dan sebagian tinggal di beberapa kecamatan di wilayah selatan, diantaranya Carita, Labuan, Panimbang, Sakresmi, Cibaliung dan Sumur.

"Kita berharap akan banyak lagi program-program seperti PKN, dan tidak hanya pada nelayan tapi bidang lain yang menyentuh langsung pada masyarakat," ujarnya.(Ant/Humas)

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2013